Japfa Chess Festival 2023: Dewi AA Citra Ungguli Pecatur Vietnam di Partai Kelima

WGM Dewi AA Citra Melawan WGM Nguyen Thi Main Hung dari Vietnam
WGM Dewi AA Citra Melawan WGM Nguyen Thi Main Hung dari Vietnam (Foto : Dok. Percasi)

Antv – Bermain cukup alot hingga langkah 90, pecatur cantik WGM Dewi AA Citra Anastasia unggul atas pecatur Vietnam, WGM Nguyen Thi Mai Hung dalam partai kelima, pada Sabtu, 21 Oktober 2023 di Dwitarung JAPFA Chess Festival ke 13.

Dengan kemenangan tersebut Citra mengumpulkan nilai 3 VP. Sedang pecatur asal Vietnam mengumpulkan nilai 2 VP. Hal itu yang membuat istri dari pecatur nasional Sean Winshand Cuhendi tinggal membutuhkan point 0,5 dalam pertandingan terakhir partai keenam pada Minggu, 22 Oktober 2023 untuk meraih gelar juara.

Menggunakan pembukaan Cigorin dengan buah hitam Citra tampil eksis sejak pertandingan awal. Mampu menahan gempuran lawan, pecatur anggota tim Asian Games itu terus bertahan.

Bahkan menjelang detik-detik terakhir lawan mempunyai peluang untuk bermain remis. Namun tak memanfaatkannya dan pertandingan berlanjut hingga Citra merobohkan raja putih pecatur Vietnam di langkah ke 90.

“Kondisi saya selama bertanding tetap stabil meski mengandung buah kasih sayang yang kini berusia 3 bulan. Semoga hingga pertandingan terakhir tetap stabil dan memenangkan pertandingan," kata Citra.

Sedang suami Citra yaitu Sean Winshand Cuhendi mengatakan, istri kesayangannya sudah melakukan konsultasi dengan dokter dua kali dan mengatakan boleh tampil dalam pertandingan catur dengan catatan bisa menjaga kesehatannya. 

Bahkan Sean memberikan kesempatan dan tidak pernah melarang atau menurut tampil dalam pertandingan. “Kami serahkan sepenuhnya pada Citra dengan catatan terus menjaga kesehatannya, baik saat tampil atau sudah istirahat di rumah, ” kata Sean lagi.