Tim Catur Indonesia Siap Bertanding di Turnamen Catur Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023

Tim Catur Indonesia bersama Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto
Tim Catur Indonesia bersama Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto (Foto : Media PB Percasi)

Antv – Kejuaraan catur bergengsi Asia Zone 3.3 Chess Championships 2023 resmi dibuka oleh Staf Khusus Kemenpora Dwijayanto bersama Ketua Umum PB Percasi yang juga Presiden Zone 3.3 Asia GM Utut Adianto, Jumat (5/5/2023), di Ballroom Hotel Century Senayan, Jakarta.

“Bukan ingin nyaingin SEA Games tapi siklus dari FIDE untuk menggelar event kualifikasi World Cup pada Mei ini. Saya berharap  ada pecatur Indonesia lolos meski  pertarung berat. Irene Kharisma, Medina Aulia dan Susanto Megaranto  kita doakan semoga bisa merebut  tiket lokos ke World Cup . Selain bergengsi kejuaraan ini juga menyediakan hadiah besar  total 15 ribu dollar AS. Kejuaraan meemperebutkan  dua  tiket putra dan satu putri untuk tampil di World Cup di Azerbaijan,” kata GM Utut dalam memberikan sambutan selamat datang.

Sementara Staf Khusus Kemenpora Dwijayanto Saputra  menuturkan catur adalah salah satu cabor  digemari masyarakat Indonesia selain sepakbola. Dan saya sangat terhormat bisa berada   diantara pecatur  terbaik dunia  dan Asia yang tampil di kejuaraan ini.

Pak Menpora Dito Ariotedjo beri apresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Utut yang tak pernah berhenti majukan catur Indonesia. Sama seperti Pak Utut, saya berharap ada wakil Indonesia dapat lolos ke World Cup,” tutur Dwijayanto.

Babak Kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona Asia 2023 yang bertajuk Asia Zone 3.3 Chess Championship 2023 di Hotel Century dengan memulai babak pertama pada Sabtu (6/5/2023) dan akan belangsung sampai sembilan babak hingga berakhir sampai 13 Mei.

Dari daftar peserta, Mongolia dan Vietnam tampil full team diperkuat tiga Grand Master(GM), sedangkan Filipina menyertakan dua Grand Master, sama seperti tuan rumah Indonesia yang juga menurunkan dua GM di bagian putra.

Di bagian putra ini, Mongolia diperkuat GM Batsuren Dambasuren dengan elo rating 2525, GM Batchuluun Tsegmed(2466), serta Bilguun Sumiya(2474). Sedangkan Vietnam diperkuat GM Tuan Minh Tran(2503), GM Tuan Minh Le(2542), Nguyen Van Huy(2342).