MMA Fight Academy: Perjuangan Ronal Siahaan Menuju Panggung UFC Dari Amerika Serikat

Ronal Siahaan saat latih tanding dengan Yoga Prabowo
Ronal Siahaan saat latih tanding dengan Yoga Prabowo (Foto : VIVA/Robi)

Antv – Sebanyak lima petarung Indonesia berkesemapatan mengikuti jejak Jeka Saragih untuk mendapatkan kontrak dari promotor MMA terbesar di dunia, UFC. Namun sebelum itu, mereka harus melewati rute yang sama dengan Jeka, yakni bertarung di Road to UFC yang akan digelar di Shanghai, China, 27-28 Mei 2023.

Adapun lima petarung yang akan tampil di Road to UFC adalah Billy Pasulatan, Windri Patilima, Epraim Ginting, dan Rheza Arianto, Ronal Siahaan.

Nama terakhir merupakan seorang anggota TNI AD berpangkat Pratu. Ronal merupakan prajurit Yonarhanud 1/PBC/1. Sebelum berjuang di Road to UFC, Ronal digembleng di camp MMA Fight Academy selama tiga bulan di San Diego, Amerika Serikat.

MMA Fight Academy adalah sebuah program pengembangan dan manajemen karier atlet MMA hasil kolaborasi antara Mola dan Cage Warriors. Tak tanggung-tanggung, Ronal dan kolega dilatih oleh pelatih yang sudah banyak melahirkan petarung kelas dunia, yakni Marc Fiore dan Jake Buracker.

VIVA berkesempatan untuk melihat langsung kerasnya latihan yang dijalani para pertarung tersebut. Ronal mengakui selama berlatih di MMA Fight Academy banyak perkembangan yang ia rasakan. 

"Saya berlatih sejak Februari. Yang saya dapat selama berlatih di sini, saya dipertajam di grapling, defense maupun menyerang," kata Ronal kepada VIVA.