Timnas Belgia Gagal Lolos di Fase Grup, Roberto Martinez Mundur dari Kursi Kepelatihan

Roberto Martinez Mundur dari Kursi Kepelatihan
Roberto Martinez Mundur dari Kursi Kepelatihan (Foto : fifa.com)

AntvRoberto Martinez mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan Timnas Belgia. Keputusan itu diambil setelah Belgia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2022.

Keputusan Martinez untuk turun dari posisi pelatih Timnas Belgia diungkapkan setelah laga kontra Kroasia, Jumat (2/12/2022). Menurutnya, keputusan untuk mundur ini sudah ditetapkan sebelum turnamen dimulai dan terlepas dari apa pun hasilnya.

“Pertandingan tadi jadi pertandingan terakhir saya dengan tim nasional. Dan rasanya sangat emosional seperti yang kalian bayangkan,” katanya dikutip dari laman resmi FIFA, Jumat (2/12/2022).

“Saya memang akan berhenti bagaimanapun juga, apapun yang terjadi, sekalipun kami menjadi juara. Saya telah membuat keputusan itu sebelum Piala Dunia dimulai,” ujar dia.

Martinez menjelaskan, Belgia memulai kiprahnya di Piala Dunia 2022 tidak dengan performa yang tepat. Belgia diakuinya baru menemukan performa terbaiknya di laga terakhir, tetapi sayangnya harus menghadapi laga yang tidak mudah.

“Tidak mudah untuk memenangkan pertandingan di Piala Dunia. Kami tidak memainkan permainan kami di laga pertama, kemudian kami kalah di laga kedua,” ujarnya.

“Kemudian hari ini kami sudah siap, dan kami menciptakan banyak peluang. Jadi tidak ada penyesalan dengan performa hari ini, dan kami tersingkir dengan kepala tegak,” ucapnya.