Mahfud MD Segera Mundur dari Menko Polhukam, Besok Akan Bertemu Langsung dengan Presiden Jokowi

Mahfud MD Segera Mundur dari Menko Polhukam, Besok Akan Bertemu Langsung dengan Presiden Jokowi
Mahfud MD Segera Mundur dari Menko Polhukam, Besok Akan Bertemu Langsung dengan Presiden Jokowi (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Prof. Mahfud MD akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam pada hari Rabu sing ini (31/1/2024) pukul 14.00 WIB siang ini dan disiarkan secara langsung atau live di TV-TV Nasional.

Mahfud MD menunjukkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Rabu, 31 Januari 2024, Lampung.

Surat itu akan diberikannya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ketika sudah diberi waktu untuk bertemu.

Menurut Mahfud, informasi yang diperoleh, Persiden Jokowi akan berada di Jakarta pada Kamis, 1 Februari 2024, besok.

Sebelumnya, Mahfid MD yang juga Cawapres 03 ini sempat mengungkapkan keinginannya untuk mundur sebagai menteri Presiden Jokowi dalam acara Tabrak Prof di Semarang, 23 Januari 2024.

Saat itu, Mahfud MD yang juga pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstritusi itu, mengatakan bahwa dirinya bakal mundur di saat yang tepat dan secara baik-baik.

Mahfud pun sudah lantas membahas rencana pengududuran dirinya dari Menko Polhukam tersebut dengan Capres 03, Ganjar Pranowo.

Mereka menyoroti besarnya konflik kepentingan jika menteri yang maju di Pilpres 2024 tidak mundur. Belakangan, banyak menteri yang kampanye menggunakan fasilitas negara.

Menurut Mahfud, nilai independensi selama proses pemilihan yang berlangsung pada 14 Februari dan proses setelahnya sangat penting.

"Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara,” kata Mahfud dalam keterangannya pada Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya, Mahfud telah menemui Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Dari pertemuan itu, Mahfud telah dijadwalkan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mahfud ingin bertemu langsung dengan Presiden karena dia ingin mundur secara baik-baik, sebab dulu juga diangkat secara baik, dan tidak ingin muncul kesan ‘tinggal gelanggang colong playu’.

Berikut keterangan lengkap Mahfud MD: