PSSI Belum Tentukan Sekjen Baru Pengganti Ratu Tisha Destria

Ratu Tisha Piala AFF 2019
Ratu Tisha Piala AFF 2019 (Foto : )
PSSI belum tentukan Sekjen baru pengganti Ratu Tisha Destria. Pernyataan resmi PSSI yang dimuat di laman resmi PSSI tersebut sekaligus menganulir pernyataan Waketum PSSI Cucu Soemantri.  
Komite Eksekutif (Exco) PSSI membantah pernyataan yang beredar bahwa Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita akan menjadi Sekretaris Jenderal PSSI menggantikan Ratu Tisha Destria yang mengundurkan diri pada Senin, 13 April 2020.Sebelumnya, beredar pernyataan dari Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri yang menyebut Maaike Ira Puspita akan naik jabatan menjadi Sekjen PSSI.“Hingga saat ini kami belum memikirkan siapa pengganti Tisha sebagai Sekjen PSSI. Semua akan melalui proses lebih lanjut,” kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yunus Nusi.Menurut Ketua Komite Sepak Bola PSSI itu, hingga kemarin Ketua Umum PSSI dan Exco belum menerima surat pengunduran diri Ratu Tisha.[caption id="attachment_307563" align="alignnone" width="900"]
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria Mundur Ratu Tisha Destria secara mendadak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Seketaris Jendral PSSI dibawah kepemimpinan Ketua Umum Mochamad Iriawan. Apa sebenarnya alasan Ratu Tisha mundur dari PSSI? (Foto : PSSI)[/caption]“Tentang pengunduran diri Sekjen, kami masih menunggu arahan Ketua Umum PSSI, baik untuk menggelar rapat Exco, termasuk juga menentukan pengganti Sekjen. Hingga saat ini siapa pelaksana tugas atau pejabat sementara Sekjen PSSI belum kami putuskan secara resmi,” tambah Yunus, yang juga menjabat Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Kalimantan Timur.Sementara itu, anggota Exco PSSI lainnya, Haruna Soemitro menambahkan bahwa proses penggantian Sekjen harus sepengetahuan dan persetujuan oleh Ketua Umum dan Exco PSSI."Tolong kasih tahu saya yang berasal dari desa ini, kalau Sekjen mundur apakah penggantinya harus Wakil Sekjen?” kata Haruna.[caption id="attachment_307561" align="alignnone" width="900"] Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria Mundur Ratu Tisha Destria bersama Manajer Pelatih Timnasional Indonesia Shin Tae-yong dari Korea Selatan. Mereka merupakan dua sosok yang siap membangun dan membawa Timnas Indonesia tampil maksimal di Piala Dunia U20 2021. (Foto : Ratu Tisha)[/caption]Sebelumnya Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri menyebutkan Wakil Sekjen PSSI yang kini diisi Maaike Ira Puspita secara otomatis bisa menempati posisi yang ditinggalkan Ratu Tisha tersebut. Untuk sementara Maaike Ira Puspita bakal naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PSSI menggantikan Ratu Tisha Destria hingga terpilihnya Sekjen yang baru."Wasekjen naik posisinya [jadi sekjen PSSI]. Berdoa saja semua baik-baik," ucap Cucu Soemantri kepada pewarta Senin (13/4).Ira Puspita ditunjuk sebagai Wasekjen PSSI pada 16 Januari lalu. Ira Puspita merupakan istri dari Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Mochamad Sandy Hermawan yang juga adik kandung Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule.Mundurnya Ratu Tisha Destria menjadi masalah serius bagi pengurus PSSI dibawah pimpinan Ketua Umum Mochamad Iriawan. PSSI dipastikan akan menghadapi kesulitan mencari pengganti peran Ratu Tisha Destria khususnya dalam persiapan menghadapi Piala Dunia U20 2021.Ratu Tisha Destria resmi menjabat posisi Sekjen PSSI sejak Juli 2017 setelah Sekjen Ade Wellington memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi tersebut pada April 2017. Ratu Tisha terpilih melaui serangkaian tes yang dibuat oleh Ketua Umum PSSI kala itu, Edy Rahmayadi.Selama bertugas sebagai Sekjen PSSI, Ratu Tisha sukses menjalankan berbagai program lama hingga membuat sejumlah program baru. Mulai dari kursus kepelatihan dan perwasitan di berbagai provinsi, memutar liga amatir dan elite usia muda, hingga menghidupkan kembali sepak bola putri yang sempat mati suri.Ratu Tisha juga menjadi sosok penting yang berhasil mengantarkan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Ratu Tisha mundur dari PSSI usai lebih dari dua tahun menjabat sebagai Sekjen PSSI.