UID Salurkan Donasi Rp2 Miliar untuk Pahlawan Seni dan Olahraga Indonesia

UID Salurkan Donasi Rp2 Miliar untuk Pahlawan Seni dan Olahraga Indonesia
UID Salurkan Donasi Rp2 Miliar untuk Pahlawan Seni dan Olahraga Indonesia (Foto : Istimewa)

Antv – Merayakan keberhasilan penggalangan dana dari Lelang Lukisan Amal Bhinneka Tunggal Ika, Yayasan Upaya Indonesia Damai atau dikenal dengan United In Diversity Foundation (UID) bekerja sama dengan Yayasan Bunga Bali dan Sanggar Ring Luwur Akasa menyerahkan donasi sebesar Rp2 Miliar kepada pahlawan seni dan olahraga yang telah mengharumkan nama Indonesia di UID Learning Hub Jakarta, pada Selasa, 16 Januari 2024.

Tahap pertama dari aksi sosial ini menyalurkan Rp 600 juta kepada enam pahlawan seni dan olahraga, diantaranya H. Ukat (Seniman Musik Dangdut), Sukardi (Seniman Musik Keroncong), Budiman (Atlet Sepak Bola), Mardi Lestari (Atlet Pelari), Putu Wijaya (Sastrawan), Ernie Djohan (Penyanyi & Aktris Indonesia).

Dalam sambutannya, Tantowi Yahya, Presiden UID mengatakan bahwa donasi ini merupakan wujud apresiasi atas jasa para atlet dan seniman Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa.

"Sisa Rp1,2 miliar masukan tabungan ketika ada usulan dari pihak bersangkutan akan jadi modal awal untuk yayasan antisipasi kebutuhan seperti ini kami akan lakukan berbagai kegiatan akan banyak terkumpul deri masyarakat filantropis begitu ada masukan akan kami masukan," ujar Tantowi.

"Gak mungkin berjalan tanpa dukungan organisasi yang ada fesmi, papri, Stanley, wami oranganisasi bergerak menghimpun penggiat musik keroncong berlum teater perupa dan olahraga gunanya kerjasama menseriusi bidang ini untuk perhatikan kesejahteraan pejuang seni," tambahnya.

"Dukungan finansial ini bukan hanya sekedar donasi, tetapi sebuah bentuk terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang tak terhitung jumlahnya dari para pahlawan seni dan olahraga. Bersama-sama, kita memberikan cahaya baru bagi mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan karya dan prestasinya," tandas Tantowi dalam acara yang berlangsung di kantor UID.

Niat baik ini disambut dengan tangan terbuka oleh para penerima manfaat.

“Sebuah penghargaan, apa pun bentuknya, adalah pengakuan kehadiran, yang akan kian memantapkan pengabdian, bagi yang menerimanya. Matur suksma!” tambah Putu Wijaya.

Didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa bangsa Indonesia, pahlawan seni dan olahraga, UID berharap acara ini dapat menjadi sarana dalam memberikan dukungan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.