Sambut Tahun Baru Islam, TMII Gelar Kirab Malam Satu Suro

Sambut Tahun Baru Islam, TMII Gelar Kirab Malam Satu Suro
Sambut Tahun Baru Islam, TMII Gelar Kirab Malam Satu Suro (Foto : )

www.antvklik.com - Beragam tradisi dan budaya menyambut pergantian tahun baru Islam di berbagai daerah. Di Jakarta kirab satu suro atau malam Tahun Baru Islam sembari membawa benda pusaka digelar di Monumen Tugu Api Taman Mini Indonesia pada Senin malam (10/9).

Sembari membawa benda pusaka, puluhan peserta kirab satu suro berkeliling mengitari Monumen Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah. Sebagai salah satu tradisi budaya di Indonesia, kirab satu suro ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para masyarakat yang menyaksikan langsung kirab tersebut.

Selain kirab, acara prosesi grebek gunungan hasil bumi juga dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur umat  atas nikmat karunia yang di berikan oleh Allah SWT.

Kirab satu suro ini digelar dalam rangka menyambut malam pergantian tahun Hijriyah atau satu Muharram atau malam satu suro. Sementara itu ada juga pentas wayang kulit semalam suntuk yang digelar di anjungan Jawa Tengah dengan lakon Banjaran Sena, Sena Tandang. Anjungan ini dipadati ratusan penonton, para penggemar wayang kulit.

Sejumlah masyarakat yang menyambut tahun baru sengaja tidak tidur, karena antusias menonton wayang kulit bersama keluarga. Dalam gelaran wayang kulit ini dikisahkan cerita Banjaran Sena, Sena Tandang menceritakan kelahiran Brata Sena berwujud bungkus yang menunjukkan berkah yang Maha Kuasa atas kesaktiannya.

Dalam kisah ini, tak seorang pun bahkan senjata ampuh pun yang mampu membedah bungkus jabang bayi Brata Sena. Atas kehendak dewa, bungkus akhirnya pecah oleh Gajah Sena sehingga menambah kesaktian Sang Brata Sena.

Laporan Simon Tobing dari Jakarta.