Salak Bali, Layanan Masyarakat Istimewa dari Kepolisian Bali

(Foto : )

ANTVKlik.com - Beragam inovasi terus dikembangkan polisi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti Polda Bali yang menyuguhkan Salak Bali, kepanjangan dari Sistem Aplikasi Layanan Kepolisian Bali.

Kepala Biro Operasi Polda Bali, Kombes Pol I Nyoman Sumanajaya mengatakan, aplikasi Salak Bali dibuat agar masyarakat segera mendapat pertolongan ketika menekan tombol SOS. Tombol SOS adalah sinyal darurat jika ada anggota masyarakat dalam kondisi bahaya yang mengancam.

"Tidak ada syarat khusus bagi warga yang mau mendownload. Aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan prima. Alhamdulillah sejak diluncurkan pada Mei 2017 lalu respon masyarakat sangat baik," jelas Nyoman.

Salak Bali langsung terhubung dengan pusat komando atau Command Center Polda Bali yang dijaga 21 personil. Command Center akan menjadi pusat kendali yang terintegrasi dengan Polres yang ada di seluruh Bali dan Mabes Polri.

Fitur pada Command Center salah satunya mampu memonitor kegiatan masyarakat melalui CCTV di berbagai tempat. Seperti pintu masuk Bali, tempat-tempat wisata dan kantor pemerintahan di kabupaten dengan total 632 titik kamera.

Command Center merupakan bentuk modernisasi Polda Bali. Selain untuk persiapan pengamanan IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018, layanan juga bisa digunakan untuk Pilkada dan Pilpres.

Laporan: M Muchsin dan Hartono dari Bali.