Aksi Mogok Kerja Aktor dan Penulis Hollywood Berakhir, Ini yang Terjadi Selanjutnya

Aksi mogok kerja penulis Hollywood
Aksi mogok kerja penulis Hollywood (Foto : CNBC News)

Antv – Aksi mogok kerja para penulis di industri Hollywood dinyatakan telah berakhir dengan ditandatanganinya sebuah kesepakatan di antara beberapa pihak.

Namun, rupanya hal itu tidak berlaku bagi beberapa aktor yang tetap memilih untuk tetap berada di garis perjuangan.

Hindustan Times melaporkan, sejak Sabtu, aksi mogok kerja itu menjadi aksi terlama dalam sejarah yang mencapai angka 100 hari.

Serikat aktor dan aliansi yang mewakili studio-studio besar mengumumkan dalam pernyataan bersama bahwa negosiasi akan dilanjutkan minggu depan pada hari Selasa, dengan beberapa eksekutif studio diharapkan untuk bergabung. 

Lantas, apa yang terjadi selanjutnya?

Negosiasi tanpa ujung

Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) mulanya sangat optimis ketika mereka melanjutkan negosiasi pada 2 Oktober untuk pertama kalinya sejak pemogokan dimulai dua setengah bulan sebelumnya.

Kelompok yang sama yang terdiri dari para kepala eksekutif dari studio-studio terbesar telah membuat kesepakatan besar lebih dari seminggu sebelumnya dengan para penulis yang melakukan aksi mogok, yang para pemimpinnya merayakan kemajuan mereka dalam banyak isu yang juga diperjuangkan oleh para aktor: gaji jangka panjang, konsistensi pekerjaan dan kendali atas dunia kerja. penggunaan kecerdasan buatan.

Namun pembicaraan para aktor berlangsung hangat, dengan hari libur di antara sesi dan tidak ada laporan kemajuan. 

Kemudian studio tiba-tiba mengakhiri diskusi pada 11 Oktober, dengan mengatakan bahwa tuntutan para aktor sangat mahal dan kedua belah pihak terlalu berjauhan untuk melanjutkan.

“Kami hanya bertemu mereka beberapa kali, Senin, setengah hari Rabu, setengah hari Jumat. Untuk itulah mereka bersedia,” kata Presiden SAG-AFTRA, Fran Drescher kepada The Associated Press segera setelah perundingan terhenti. 

“Kemudian dalam seminggu terakhir ini, hari Rabu adalah hari Senin setengah hari. Dan kemudian, 'Sampai jumpa.' Saya belum pernah bertemu orang yang benar-benar tidak mengerti apa arti negosiasi. Kenapa kamu menjauh dari meja?" imbuhnya.

Alasannya, menurut Aliansi Produser Film dan Televisi, termasuk tuntutan serikat pekerja terhadap biaya untuk setiap pelanggan layanan streaming.

“SAG-AFTRA memberikan ultimatum kepada perusahaan-perusahaan anggotanya: setujui proposal pajak terhadap pelanggan serta semua item terbuka lainnya, atau pemogokan akan terus berlanjut,” kata AMPTP dalam sebuah pernyataan kepada AP. 

“Anggota tersebut perusahaan menanggapi ultimatum SAG-AFTRA bahwa sayangnya, pajak terhadap pelanggan menimbulkan beban ekonomi yang tidak dapat dipertahankan,” lanjutnya.

Co-CEO Netflix Ted Sarandos, salah satu eksekutif yang ikut serta dalam sesi tawar-menawar, mengatakan kepada investor pada panggilan pendapatan pada hari Rabu, “Sayang sekali hal ini benar-benar merusak momentum kami.”

Para pemimpin SAG-AFTRA mengatakan bahwa sangatlah konyol jika membingkai permintaan ini seolah-olah itu adalah pajak terhadap pelanggan, dan mengatakan bahwa para eksekutif sendirilah yang ingin beralih dari model berdasarkan popularitas acara ke model berdasarkan jumlah pelanggan.

“Kami melakukan langkah besar ke arah mereka yang selama ini diabaikan dan tidak ditanggapi,” kata Duncan Crabtree-Ireland, direktur eksekutif nasional dan kepala negosiator SAG-AFTRA, kepada AP. 

“Kami membuat perubahan pada proposal AI kami. Kami membuat perubahan dramatis pada proposal bagi hasil streaming kami,” kata Crabtree-Ireland.

Studio-studio tersebut mengatakan tepat setelah pembicaraan terhenti bahwa biaya per pelanggan akan menelan biaya $800 juta per tahun, angka yang menurut SAG-AFTRA merupakan perkiraan yang terlalu berlebihan.

AMPTP kemudian menjawab bahwa jumlah tersebut didasarkan pada permintaan serikat pekerja sebesar $1 per pelanggan per tahun, yang diturunkan menjadi 57 sen setelah SAG-AFTRA mengubah evaluasinya untuk menghentikan program yang tidak relevan seperti berita dan olahraga.

Apa yang terjadi selanjutnya dalam pemogokan para aktor?

Para aktor pada dasarnya melakukan hal yang sangat ‘tidak biasa’ bagi mereka. Serikat pekerja mereka belum pernah melakukan pemogokan selama ini, dan tidak pernah melakukan pemogokan sama sekali sejak sebelum banyak anggotanya lahir. 

Bahkan para pemimpin veterannya, seperti Crabtree-Irlandia, yang telah bergabung dengan serikat pekerja selama 20 tahun, tidak pernah mengalami situasi seperti ini.

SAG-AFTRA mengatakan mereka bersedia melanjutkannya kapan saja, namun mereka tidak akan mengubah tuntutannya. 

“Saya pikir mereka mengira kita akan gemetar ketakutan,” kata Drescher. 

“Tetapi hal itu tidak akan pernah terjadi karena ini adalah persimpangan jalan dan kita harus tetap berada di jalur yang benar,” sambungnya.

Para penulis memang memiliki awal yang salah dengan studio yang mungkin memberikan alasan untuk optimis. Serikat pekerja mereka berusaha untuk memulai kembali negosiasi dengan studio pada pertengahan Agustus, lebih dari tiga bulan setelah pemogokan mereka. 

Pembicaraan itu tidak membuahkan hasil, dan terhenti setelah beberapa hari. Sebulan kemudian, aliansi studio datang lagi. Pembicaraan tersebut berjalan lancar, dan sebagian besar tuntutan mereka dipenuhi setelah lima hari maraton yang menghasilkan kesepakatan tentatif yang akan disetujui oleh para anggotanya dengan suara bulat.

Bagaimana aksi mogok yang dilakukan aktor-aktor sebelumnya?

Pemogokan yang dilakukan para aktor Hollywood lebih jarang dan lebih singkat dibandingkan dengan para penulis. 

Screen Actors Guild (mereka menambahkan “AFTRA” pada merger tahun 2011) hanya tiga kali melakukan pemogokan terhadap studio film dan TV dalam sejarahnya.

Dalam setiap kasus, teknologi barulah yang memicu perselisihan. Pada tahun 1960 – satu-satunya peristiwa yang terjadi sebelumnya antara aktor dan penulis secara bersamaan – permasalahan utamanya adalah para aktor mencari bayaran ketika karya mereka dalam film ditayangkan di televisi, kompensasi yang oleh industri disebut sebagai residu. Serikat pekerja tersebut, yang dipimpin oleh calon Presiden AS Ronald Reagan, merupakan entitas yang lebih kecil dan kurang formal pada saat itu. Pemungutan suara untuk mogok berlangsung di rumah aktor Tony Curtis dan Janet Leigh, orang tua dari anggota SAG-AFTRA saat ini dan striker vokal Jamie Lee Curtis.

Di tengah pemogokan, para aktor dan studio mengadakan gencatan senjata sehingga semua orang dapat menghadiri Academy Awards – sebuah tindakan yang dilarang berdasarkan peraturan serikat pekerja saat ini. Pembawa acara Bob Hope menyebut pertemuan tersebut sebagai “pertemuan pemogokan paling glamor di Hollywood.”

Pada akhirnya, kompromi tercapai di mana SAG membatalkan permintaan sisa film masa lalu sebagai imbalan atas sumbangan ke dana pensiun mereka, bersama dengan formula pembayaran ketika film berikutnya ditayangkan di TV. Penghentian kerja mereka selama 42 hari dimulai dan diakhiri dalam rentang pemogokan penulis yang lebih lama.

Pemogokan pada tahun 1980 akan menjadi pemogokan terlama bagi para aktor untuk film dan televisi hingga tahun ini. Saat itu, mereka mencari bayaran atas pekerjaan mereka yang muncul di kaset video rumahan dan TV kabel, bersamaan dengan kenaikan signifikan dalam kompensasi minimum untuk peran. Kesepakatan tentatif dicapai dengan hasil yang signifikan namun terdapat kompromi besar di kedua bidang. Pimpinan serikat menyatakan pemogokan berakhir setelah 67 hari, namun banyak anggota yang tidak senang dan menolak keras untuk kembali bekerja. Butuh waktu hampir sebulan sebelum para pemimpin dapat mengumpulkan cukup suara untuk meratifikasi perjanjian tersebut.

Kali ini, Emmy Awards yang jatuh di tengah pemogokan. Akademi Televisi mengadakan upacara, tetapi setelah boikot diumumkan, hanya satu pemenang akting, Powers Boothe, yang hadir untuk menerima pialanya.

Segmen lain dari serikat aktor juga melakukan pemogokan, termasuk beberapa perselisihan panjang mengenai kontrak iklan TV. Pemogokan yang dilakukan oleh pengisi suara video game pada tahun 2016-2017 berlangsung selama 11 bulan. Segmen serikat pekerja tersebut dapat segera melakukan aksi mogok lagi jika kesepakatan kontrak baru tidak tercapai.

Apa yang terjadi dengan film dan acara TV?

Kembalinya para penulis membuat mesin produksi Hollywood kembali berputar, dengan ruangan-ruangan penuh dengan juru tulis yang menulis musim-musim baru dari pertunjukan yang telah ditangguhkan dan para penulis film menyelesaikan naskahnya.

Namun produk akhirnya akan menunggu akhir dari pemogokan aktor, dan produksi akan tetap ditangguhkan di banyak acara TV dan lusinan film, termasuk Wicked, Deadpool 3, dan Mission Impossible — Dead Reckoning Part 2.

Para Emmy, yang nominasinya diumumkan sehari sebelum pemogokan para aktor diumumkan, memilih untuk menunggu para bintang kali ini dan memindahkan upacara mereka dari September ke Januari — meskipun tanggal tersebut juga bisa terancam.

Oscar masih jauh di bulan Maret, namun kampanye untuk memenangkannya biasanya sudah berjalan dengan baik saat ini. Dengan beberapa pengecualian – produksi non-studio yang disetujui oleh serikat pekerja – para artis dilarang mempromosikan film mereka di press junket atau di karpet merah. 

Sutradara Martin Scorsese telah memberikan wawancara tentang pesaing barunya di Oscar, “Killers of the Flower Moon.” Para bintang dan anggota SAG-AFTRA Leonardo DiCaprio, Lily Gladstone dan Robert DeNiro belum melakukannya.

Sumber: Hindustan Times