Serba-serbi Sinema Korea Selatan: Industri yang Rapuh hingga Masa Keemasan

Oldboy
Oldboy (Foto : CJ ENM/THE KOREA HERALD)

Antv – Sinema Korea Selatan dengan segala fluktuasinya setidaknya selalu berhasil mendapat tempat di hati para pecinta film.

Diakui seorang pembuat film asal Perancis, Luc Besson, Korea Selatan memiliki industri film paling ramai di dunia selama satu dekade terakhir.

“Korea Selatan mempunyai industri film paling ramai di dunia selama satu dekade terakhir,” kata Besson pada Festival Film Internasional Busan tahun ini yang ditutup minggu lalu, dikutip dari CNA Lifestyle (Minggu, 22/10/2023).

Meskipun tampaknya kebangkitan sinema Korea yang pesat terjadi lebih dari satu dekade yang lalu atau bahkan baru-baru ini, namun fondasinya tertanam lebih dalam. 

Bagi banyak orang, tahun 2003 merupakan tahun yang sangat penting ketika sinema Korea mulai terkenal di panggung global, dengan film-film dari sutradara terkenal di dunia yang meluncurkan film demi film.

“'Oldboy' memamerkan trik-trik baru,” demikian bunyi judul ulasan The Korea Herald tentang magnum opus tahun 2003 karya sutradara Park Chan-wook, yang menggambarkannya sebagai “thriller misteri yang mencengangkan, berlumuran darah, dan sangat inventif yang berkisah tentang olahraga pembuatan film belaka.”

Dibintangi oleh Choi Min-sik—sering disebut sebagai “Al Pacino dari sinema Korea Selatan”—film ini meraih Grand Prix di Festival Film Cannes tahun depan.

Pada tahun 2003 juga sutradara Bong Joon-ho merilis “Memories of Murder” yang mendapat pujian kritis, dibintangi oleh jenius akting lainnya, Song Kang-ho, dalam film thriller misteri yang didasarkan pada salah satu kasus dingin paling terkenal di Korea.

Duo Song-Bong ini kemudian bergabung beberapa kali, termasuk untuk “Parasite” pada tahun 2019, film Korea pertama yang memenangkan Palme d’Or di Cannes dan film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Academy Award untuk film terbaik.

Bong dan Park bergabung dengan rekan-rekan auteur mereka, yang tampaknya bertekad menjadikan tahun 2003 sebagai tahun yang tak terlupakan bagi penonton bioskop Korea.

Namun, industri ini tidak selalu seperti itu. Selama beberapa dekade, film-film Korea berada di bawah bayang-bayang karya asing dan bergantung pada perlindungan pemerintah untuk bertahan hidup.

Industri yang rapuh

Hingga akhir tahun 1990-an, film-film Korea dianggap sebagai film lapis kedua dibandingkan dengan film-film asing, yang sepenuhnya mendominasi box office lokal.

Sebuah studi pemerintah pada tahun 1995 yang dilakukan oleh Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea menunjukkan bahwa negara tersebut hanya memproduksi 65 film pada tahun 1994, sementara mengimpor 382 film yang dibuat di negara lain–199 di antaranya berasal dari Amerika. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 15,9 persen layar yang dialokasikan untuk film lokal.

Selama beberapa dekade, sistem kuota layar membuat dunia film Korea Selatan tetap hidup. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967, klausul dalam Undang-Undang Promosi Produk Gambar Bergerak dan Video mengamanatkan bahwa bioskop lokal menayangkan setidaknya satu film Korea selama beberapa hari tertentu dalam setahun.

Tanggal yang diwajibkan untuk menayangkan film produksi dalam negeri di bioskop lokal bervariasi dari waktu ke waktu. Pada tahun 1985, sistem tersebut direvisi menjadi 146 hari, sehingga memastikan setidaknya 40 persen penayangan film lokal. Hal ini berlanjut hingga tahun 2006, ketika dikurangi menjadi 73 hari saat ini.

Pembicaraan apa pun untuk merevisi kuota film lokal akan mendapat tentangan keras dari para pembuat film, aktor, dan pihak-pihak lain di industri film yang bersikeras bahwa sistem tersebut adalah satu-satunya hal yang bisa dilakukan negara untuk membantu film-film lokal bersaing dengan produksi-produksi Hollywood yang beranggaran besar. Namun sekitar pergantian abad, segalanya mulai berubah.

Pada tahun 1999, “Shiri” karya sutradara Kang Je-gyu keluar. Film spionase tentang konflik antar-Korea adalah sebuah film megahit yang meningkatkan investasi dalam film-film lokal, dan merupakan film terobosan bagi Song Kang-ho, yang kemudian menjadi salah satu aktor paling sukses di negara tersebut.

Pangsa layar film Korea Selatan meningkat dari 39,7 persen pada tahun 1999 menjadi 46,1 persen pada tahun 2001 dan 48,6 persen pada tahun 2002. Hal ini didorong oleh pemerintah yang mengucurkan dana sebesar 150 miliar won ($111 juta) untuk promosi film-film tersebut, yang mengkompensasi penurunan tersebut. dalam investasi selama krisis keuangan Asia yang dimulai pada tahun 1997.

Meskipun pendanaan pemerintah mungkin tampak tidak signifikan jika dibandingkan dengan film-film Hollywood yang beranggaran besar–film “Titanic” tahun 1997 menghabiskan biaya pembuatan sebesar $210 juta–jumlah tersebut merupakan jumlah yang besar di dunia film lokal. “Shiri” adalah salah satu film Korea termahal pada saat itu, dan total anggarannya mencapai 3 miliar won, atau $2,2 juta.

Namun beberapa pakar film menyatakan bahwa hal ini menyebabkan peningkatan kuantitas yang mengakibatkan penurunan kualitas.

Kritikus film Kim Byeong-jae, mantan ketua Asosiasi Kritikus Film Korea, mengatakan dalam penelitiannya bahwa pendanaan dan dukungan pemerintah difokuskan pada film komersial.

Intervensi berlebihan yang dilakukan investor, menurutnya, menyebabkan sebagian besar film lambat laun menyasar masyarakat umum. Skenario Kim sendiri, awalnya sebuah drama berdasarkan pengalamannya sebagai reporter berita, diubah menjadi film thriller aksi.

Pada saat itulah tren “komedi gangster” membanjiri bioskop. Meskipun “Marrying the Mafia” adalah film hit terbesar pada tahun 2002, film-film ini mendapat kritik keras karena kurangnya kreativitas dan alur cerita yang dibuat-buat.

“Pertumbuhan eksternal dari dunia film lokal menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan dari berkembangnya film tiruan ‘Shiri’ dan beberapa film komedi gangster,” tulis Kim. 

“Kebijakan film (pemerintah) memaksa kekuatan pasar dalam dunia perfilman, sehingga menyulitkan pembuatan film dari berbagai genre,” imbuhnya.

Meskipun di mata sebagian orang, dunia perfilman Korea mungkin sudah terlalu dikomersialkan, film-film yang nantinya mendapat pujian kritis terus diproduksi.

Fajar zaman keemasan

Film Korea Selatan jarang mendapat pengakuan internasional sebelum tahun 2003. Hanya tiga film Korea Selatan sepanjang abad ke-20 yang memenangkan penghargaan internasional bergengsi: “The Coachman” memenangkan penghargaan juri Silver Bear di Berlinale pada tahun 1961, aktris Kang Soo-yeon memenangkan aktris terbaik di Festival Film Internasional Venesia pada tahun 1987 untuk “The Surrogate Woman,” dan “Hwa-Om-Kyung” tahun 1993 memenangkan Penghargaan Alfred Bauer di Berlinale.

Mungkin tahun 2002 adalah awal dari tahun pembuatan film-film bagus setelahnya, karena film tersebut memproduksi “Oasis,” yang membuat sutradara Lee Chang-dong memenangkan Silver Lion untuk sutradara terbaik. Bintang wanitanya, Moon So-ri, memenangkan Penghargaan Marcello Mastroianni untuk aktor pendatang baru di Festival Film Venesia.

Tahun berikutnya, serangkaian film monumental bermunculan. “Oldboy” meneruskan kesuksesan Korea Selatan dalam penghargaan internasional. Terlepas dari nadanya yang kasar dan pokok bahasan yang benar-benar mengerikan, film ini juga sukses secara komersial dengan 3,27 juta penerimaan.

“Memories or Murder,” film panjang kedua Bong, terjual 5,25 juta tiket dan menampilkan gaya khasnya dalam memadukan komedi hitam, simbolisme visual, dan tempo yang luar biasa.

Kadang-kadang, reaksi dari para kritikus dan masyarakat umum tidak tumpang tindih, seperti halnya dengan “Save the Green Planet” karya Jang Jun-hwan. Film panjang pertama sutradara muda ini, yang merupakan perpaduan antara sindiran sosial dan komedi kelam, berhasil menduduki box office dengan lebih dari 70.000 penonton, meskipun mendapat pujian kritis baik di dalam maupun luar negeri.

“A Tale of Two Sisters” karya sutradara Kim Ji-un tetap menjadi salah satu misteri horor paling terkenal di Korea, tanpa jumpscare murahan dan kostum menyeramkan, melainkan mengandalkan visual yang indah dan ketegangan dari hubungan rumit antara karakter utama.

Itu juga terjadi pada tahun 2003 ketika sutradara kontroversial Kim Ki-duk mendapat pengakuan nasional sebagai master auteur, dengan “Spring, Summer, Fall, Winter… and Spring.” Drama ini menyelidiki tahapan kehidupan melalui tema agama Buddha, dan dibintangi oleh bintang “Squid Game” dan akhirnya pemenang Golden Globe Oh Young-soo sebagai biksu bijak yang membimbing protagonis.

Film ini memenangkan film terbaik di Blue Dragon Awards 2003 dan Daejong International Film Awards 2004, dua penghargaan film paling bergengsi di Korea Selatan.

Sementara awal tahun 1990-an dan 2000-an diwarnai oleh serangkaian film aksi berbiaya besar yang gagal di box office, “Silmido” karya Kang Woo-suk menjadi film Korea Selatan pertama yang melampaui 10 juta penonton. Film aksi militer ini, berdasarkan tragedi operasi rahasia di kehidupan nyata, dibuka pada Malam Natal dan menutup tahun penuh mahakarya yang dinikmati penonton bioskop lokal.

Hingga saat ini, tahun 2003 masih dikenang baik oleh para penggemar film maupun industri film sebagai tahun emas bagi perfilman lokal. Banyak industri film lokal yang memanfaatkan kesuksesan tahun itu untuk menjadikan sinema Korea Selatan sebagai pemain utama dalam kancah film global.