Komite FFI 2023 Resmi Mengumumkan Daftar Nominasi Festival Film Indonesia 2023

Komite FFI
Komite FFI (Foto : Istimewa)

Antv – Bertempat di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2023 diumumkan secara resmi oleh Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2023.

Pembacaan nominasi 22 kategori penghargaan Piala Citra FFI dan Kritik Film dilakukan secara bergantian oleh Duta FFI 2023, yaitu Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan, Ketua Komite FFI 2021- 2023 Reza Rahadian, serta penampilan khusus dari Teza Sumendra.

Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, dalam sambutannya menyampaikan, “Pengumuman nominasi FFI 2023 kali ini terasa sangat spesial bagi saya. Karena selain semakin banyaknya film-film karya sineas tanah air yang menorehkan prestasi membanggakan di panggung internasional, penggunaan Museum Nasional Indonesia untuk membacakan calon peraih penghargaan FFI tahun ini merupakan langkah penting untuk mendukung upaya transformasi museum dan cagar budaya Indonesia,” 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya juga turut mengucapkan selamat kepada seluruh sineas yang menjadi nomine FFI 2023 beserta seluruh penggerak dunia perfilman Indonesia. Teruslah berkarya untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka berbudaya,” sambungnya.

Daftar nominasi untuk kategori Film Cerita Panjang merupakan hasil seleksi dan penjurian yang dilakukan oleh Akademi Citra FFI 2023. Sebanyak 69 anggota Akademi Citra dari beragam profesi perfilman telah bekerja sejak 23 September hingga 8 Oktober 2023.

 

img_title
Duta FFI - Christine Hakim. (Foto: Istimewa)