India Geram! Kontroversi Mahkota Camilla di Penobatan Raja Charles

Mahkota warisan Ratu Elizabeth II
Mahkota warisan Ratu Elizabeth II (Foto : Kiro7)

Antv – Camilla, yang akan menjadi Ratu Camilla selama upacara akan mengenakan mahkota di kepalanya. Mahkota yang sedang dipertimbangkan adalah mahkota terakhir yang dikenakan ibunda Ratu Elizabeth II itu. 

Sejak kematian Ratu Elizabeth II bulan lalu, salah satu permata di mahkota itu menjadi pusat kontroversi. Berlian Koh-i-Noor, yakni berlian brilian oval dangkal 105,6 karat yang dipasang di depan mahkota yang dikenakan ibu suri, telah menjadi bagian dari permata mahkota selama lebih dari 150 tahun.

Asal Mahkota

img_title
Mahkota. (Foto : Bulgari Hotels)

 

Berlian ini diperkirakan berasal dari India Selatan, menurut William Dalrymple, salah satu penulis "Koh-i-Noor: The History of the World's Most Infamous Diamond," sebuah buku yang menggambarkan berlian Koh-i-Noor sebagai "bisa dibilang satu-satunya objek yang paling berharga tidak hanya di Punjab tetapi juga di seluruh anak benua,” ungkapnya.

Sementara kapan tepatnya berlian itu dibuat tidak jelas, diyakini telah ada sejak tahun 1300-an, tetapi mungkin sebelum itu. Berlian itu diyakini telah dimiliki oleh berbagai kerajaan di Asia, sehingga Afghanistan, Iran, dan Pakistan semuanya mengklaim berlian itu dan telah meminta Inggris untuk mengembalikan permata itu.