1.010.000 Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe, Program Ketahanan Pangan Pj Gubernur Sulsel

1.010.000 Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe, Program Ketahanan
1.010.000 Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe, Program Ketahanan (Foto : Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Antv – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berencana untuk menyebar sebanyak 100 juta bibit ikan nila. Termasuk di Danau Tempe yang terletak di Kabupaten Wajo. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan nila dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan di daerah tersebut.

Sebanyak 1 juta 10 ribu ikan nila dan ikan mas ditebar di Kelurahan Salomenraleng, Kecamatan Tempe oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Nelayan.

"Saya memberikan perhatian serius ke perikanan. Masyarakat Wajo kehidupannya dikelilingi oleh danau atau tappareng," kata Bahtiar, usai menyebar bibit ikan di Danau Tempe, Jumat, 9 Februari 2024.

Upaya ini, karena melihat jumlah ikan di bendungan dan danau semakin berkurang. "Saya tahu ikannya makin hari makin berkurang, karena banyak faktor yang mempengaruhi," sebutnya.

Bantuan benih ini dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Balai Benih Ikan di Soppeng, Sidrap, Takalar dan kementerian.

"Jadi semua ini bersatu dari kementerian, provinsi dan kabupaten/kota di Sulsel, kami mau membagi bibit nila tahun ini di Sulsel 100 juta. Saya serius agar ada dampaknya kepada masyarakat," ujarnya.

"Insya Allah enam bulan ke depan, saya kasiki satu juta, jadi mohon dijaga ini sehingga berkembang," imbuhnya.

Selain bantuan benih, program pemerintah diantaranya pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan.

Kepala Dinas Perikanan Wajo, Andi Ismirar Sentosa, mengatakan, program ini sangat membantu nelayan.

"Ini adalah program Pj Gubernur, ini sangat membantu nelayan kita di Danau Tempe. Ini sangat luar biasa," tandasnya.

Usai menebar benih secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan  bibit ikan nila kepada ratusan nelayan yang berasal dari Wajo, Soppeng dan Sidrap. Para nelayan ini yang selama ini mencari ikan di Danau Tempe yang mengitari tiga kabupaten tersebut, dan akan menyebarkan ikan di sepanjang Danau Tempe.