Effendi Simbolon Berikan Pesan Natal Damai Bagi Pengungsi Rohingya

Effendi Simbolon Berikan Pesan Natal Damai Bagi Pengungsi Rohingya
Effendi Simbolon Berikan Pesan Natal Damai Bagi Pengungsi Rohingya (Foto : )

Masih dalam suasana merayakan hari raya natal yang diperingati setiap tanggal 25 Desember, politisi PDIP Effendi MS Simbolon membawa pesan natal yang damai bagi perdamaian dunia bagi pengungsi Rohingya khususnya maupun masyarakat Aceh pada umumnya.

Adanya insiden pengusiran warga Rohingya secara paksa oleh sebagian mahasiswa di Aceh dari tempat penampungan sementara di Gedung Balee Meuseuraya Aceh (BMA) menuju ke kantor Kemenkumham Aceh pada Rabu (27-12-2023) bagi Effendi merupakan bentuk keprihatinan bagi bangsa Indonesia.

"Saya berharap kedepannya kita harus benar-benar sebagai bangsa yang mengedepankan kemanusiaan. Jangan mempertontonkan hal-hal yang tidak manusiawi," ujar Effendi MS Simbolon disela-sela acara kebaktian dan perayaan Simbolon marnatal 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna DPR RI Kalibata Jakarta.

Bangsa Rohingya asal Myanmar jelas Effendi sejatinya adalah sama seperti bangsa Indonesia yang suatu saat nanti mungkin saja tertindas oleh bangsa lain karena masalah perpolitikan didalam negeri.

Kita tidak pernah tahu bangsa Indonesia dikemudian hari bisa mengalami hal yang sama. Untuk itu Effendi menekankan agar pemerintah pusat turun tangan dan membuat hal yang tidak nyaman bagi warga Aceh dicarikan jalan keluarnya.

"Saya kira bukan etnis Rohingnya saja sebagai minoritas Islam yang mengalami persekusi di negaranya. Hal ini juga dialami masyarakat islam minoritas dalam tanda petik yang juga mengalami tekanan di Tiongkok. Kita jangan hanya melihat persekusi terjadi di Palestina, namun kita juga harus proaktif pada perdamaian," tegas Effendi.

Effendi MS Simbolon mengaku miris melihat perlakuan yang diterima pengungsi Rohingya, namun disisi lain dirinya juga memahami kegundahan masyarakat Aceh.