Polisi Lakukan 3 Pola Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan Arus Balik Natal di Pelabuhan Bakauheni

Polisi Lakukan 3 Pola Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan Arus Balik Natal di Pelabuhan Bakauheni
Polisi Lakukan 3 Pola Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan Arus Balik Natal di Pelabuhan Bakauheni (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Puncak arus balik libur Natal diprediksi bakal terjadi pada 27 hingga 28 Desember 2023. Polres Lampung Selatan pun mempersiapkan tiga pola rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan bahwa dirinya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi melonjaknya jumlah kendaraan yang hendak menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Diperkirakan untuk puncak arus mudik gelombang pertama akan terjadi pada tanggal 27-28 Desember nanti. Dan gelombang kedua perkiraan terjadi di tanggal 2-3 Januari 2024," kata AKBP Yusriandi Yusrin, Selasa malam (27/12/2023).

Untuk mengantisipasi penumpukan dan kemacetan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, pihaknya menerapkan pola hijau, kuning, dan merah. "Itu yang akan kami antisipasi pada arus balik yang pertama ini," ucap Kapolres.

Meski demikian, kondisi saat ini situasi di Bakauheni tengah normal dan tidak ada lagi penumpukan kendaraan yang berarti. "Kantong-kantong parkir juga tidak ada penumpukan kendaraan karena memang puncak arus mudik Natal terjadi pada Jumat dan Sabtu," beber Kapolres.

Kapolres melanjutkan, untuk malam hari situasi pelabuhan Bakauheni ini masih terlihat normal dan lancar. Pihaknya menerjunkan 535 personil baik dari Polri, TNI dan stakeholder terkait untuk mengamankan tidak hanya kegiatan di Pelabuhan dan Bandara.

"Kami juga mengimbau kepada pengguna jasa penyebrangan pelabuhan Bakauheni agar sudah membeli tiket di radius 4,24 Km sebelum memasuki area pelabuhan Bakauheni, karena jika sudah memasuki area pelabuhan Bakauheni tidak dapat lagi membeli atau mengakses tiket secara online," bebernya.

Polres Lampung Selatan menghimbau kepada seluruh pengguna jasa penyebrangan pelabuhan Bakauheni agar berhati-hati dalam berkendara, cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan dan cek kendaraan sebelum bepergian.