Banjir Bandang di Tanggamus, Rendam SDN Betung, Ujian Semester Ditunda

Banjir Bandang di Tanggamus, Rendam SDN  Betung, Ujian Semester Ditunda
Banjir Bandang di Tanggamus, Rendam SDN Betung, Ujian Semester Ditunda (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvBanjir bandang terjadi Pekon Tanjungan dan Pekon Betung, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (30/11/2023) dini hari. Selain jembatan ambrol, banjir juga menyebabkan rumah dan sekolah terendam.

Rumah yang terendam tersebar di beberapa lokasi. Sedangkan bangunan sekolah yang juga terdampak yaitu SDN Betung. Akibat kejadian itu proses belajar mengajar ditunda.

"Kegiatan ujian semester di SDN Betung untuk hari ini ditunda. Hari ini ujian bahasa Indonesia dan Agama," kata Barlian, Kepala Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP) Pematang Sawa, Kamis (30/11/2023).

Barlian menjelaskan, saat ini para murid dan guru dibantu warga sedang membersihkan sisa material banjir di SDN Betung.

"Untuk ujian semester hari ini kita tunda terlebih dahulu. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan," jelasnya.

Sementara itu, Diana, KUPT Kesehatan Pematang Sawa, mengatakan, bahwa pihaknya akan mendirikan posko kesehatan bencana pada hari ini juga sebagai langkah percepatan penanganan warga terdampak.

"Kami akan mendirikan posko kesehatan di wilayah Pekon Betung. Saat ini sudah kita data masyarakat yang terdampak banjir. Sementara ini belum ada dampak kesehatan masyarakat yang mengkhawatirkan," ucap Diana.

Selain merendam rumah dan bangunan, hujan deras yang terjadi mengakibatkan jembatan ambrol sehingga akses jalan di Pekon Baturaja, Pematang Sawa, terputus.

Selain jembatan ambrol, banjir juga mengakibatkan jalan penghubung di Pekon Tanjungan terganggu.

Pasalnya material longsor yang terdiri dari tanah bercampur batuan menutup jalan. Saat ini masyarakat bersama petugas gabungan sedang menyingkirkan material yang menutup jalan.