Hujan Deras, Puluhan Rumah Terendam dan Jembatan Ambrol Diterjang Banjir Bandang di Tanggamus

Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah Terendam dan Jembatan Ambrol Diterjang Banjir Bandang di Tanggamus, Lampung
Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah Terendam dan Jembatan Ambrol Diterjang Banjir Bandang di Tanggamus, Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvHujan deras yang terjadi pada Kamis (30/11/2023) dini hari, menyebabkan banjir bandang di Pekon Tanjungan, Pekon Baturaja dan Pekon Betung, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Banjir bandang ini membuat 30 rumah warga mengalami rusak ringan,  70  rumah terendam banjir, jembatan desa ambrol serta 2 sekolah dan 1 masjid terendam banjir.

Derasnya air mengakibatkan satu jembatan ambrol di Pekon Baturaja. Material longsor yang terdiri dari tanah bercampur batuan menutup jalan utama. Masyarakat bersama petugas gabungan gotong-royong membuka jalan.

img_title
Jembatan yang Ambrol Diterjang banjir Bandang. (Foto: antvklik-Pujiansyah)

Ambrolnya jembatan di Pekon Betung juga mengakibatkan satu sepeda motor Yamaha Vixion Nopol B 4023-NL terjatuh ke dalam sungai.

Pengendara bernama Dedi (30) mengalami luka dagu 4 jahitan, penumpang Supri (39) mengalami luka lecet.

Mereka adalah warga Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Tanggamus, berhasil diselamatkan oleh warga, namun sayang, sepeda motor tersebut hilang terbawa derasnya arus sungai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, kedua korban sedang melintasi jalan tersebut pada pukul 03.00 WIB, diduga mereka menghindari banjir bandang dalam kondisi gelap sehingga tidak mengetahui bahwa jembatan ambrol.

Menurut Nanda, warga Pekon Betung mengatakan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 01.30 WIB air meluap dari Sungai Muara Betung dengan ketinggian lutut orang dewasa.

"Untuk rumah tergenang beberapa rumah," kata Nanda.

Sementara itu, Kapolsek Pematang Sawa, Ipda Arif Janto menyebut bahwa hingga saat ini masih dihimpun kerugian masyarakat, namun diketahui satu jembatan ambrol di pekon betung, jalan tertutup longsor di Pekon Tanjungan.

"Tidak ada kerugian jiwa, hanya motor terbawa banjir saat melintas di jembatan betung yang ambrol, korban mengalami luka," kata Ipda Arif Janto.

Ipda Arif menyebut, jalan setempat tidak dapat dilalui kendaraan besar sebab walaupun ada jalan alternatif tetapi jembatan alternatif juga tergerus dengan pondasi menggantung.