Harga Jual Beli Mobil Bekas Jadi Mahal? Ini Penyebabnya!

Harga Jual Beli Mobil Bekas Jadi Mahal? Ini Penyebabnya!
Harga Jual Beli Mobil Bekas Jadi Mahal? Ini Penyebabnya! (Foto : 100KPJ)

Antv – Selama ini yang kita ketahui tentang mobil bekas adalah harganya yang cenderung lebih murah. Tapi ternyata, beberapa tahun ke belakang harga mobil-mobil second mulai naik.

Sejatinya, salah satu faktor yang menyebabkan harga jual beli mobil bekas meningkat adalah langkanya mikrocip ataupun semikonduktor. Selain itu, kebutuhan terhadap kendaraan beroda empat ini juga semakin tinggi di saat yang sama.

Salah satu pengamat otomotif, Bebin Djuana juga mengatakan kalau hal ini sudah bukan hal yang aneh dan memang sudah terlihat sedari pertengahan 2021 lalu. Tapi, selain dua hal tadi, apa sebab lain harga mobil bekas meningkat?

Peminat yang Tinggi, Tapi Persediaan Terbatas

Permintaan terkait mobil bekas atau second semakin meninggi, hal ini karena semakin menipisnya tipe mobil yang dijual. Selain itu, kemungkinan lain yang terjadi adalah semakin sedikitnya mendapatkan mobil yang diinginkan.

Hal ini menyebabkan para pembeli agak sulit untuk menemukan mobil second yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Ini juga berkaitan dengan persediaan yang terbatas sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya.

Kenapa persediaan bisa sampai terbatas? Ini karena para jasa penyedia jual beli mobil bekas tidak dapat menyediakan mobil dengan kondisi yang bagus dalam jumlah masif.

Para calon pembeli pasti ingin kendaraan bekas yang masih bisa berfungsi dengan baik, sehingga para penyedia jasa jual beli mobil bekas harus memilah mobil-mobil yang memang masih layak jual. Hal inilah yang menyebabkan kenapa harga mobil bekas kian meninggi.

Kualitas Mobil, serta Tingkat Kesulitan Perawatan dan Biaya

img_title
(Foto: OtoDriver)


Sparepart

Yang namanya kendaraan, mau roda dua atau empat pasti memiliki sparepart dan cara perawatannya masing-masing. Hal ini berkaitan juga dengan kualitas mobil bekas yang dijual.