Kerja Sama Biomassa Indonesia - Finlandia Dapat Perhatian di Forum IREIS 2023

Kerja Sama Biomassa Indonesia - Finlandia
Kerja Sama Biomassa Indonesia - Finlandia (Foto : )

Pelaku industri Indonesia Medco Group melakukan kesepakatan kerja sama dengan perusahaan teknologi Finlandia, Valmet Technologies Oy untuk pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) berbasis biomassa hutan.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri menyaksikan penandatanganan yang dilakukan oleh Presiden Direktur Papua Project Medco Group Budi Basuki dan Vice President Energy Business Unit Valmet Technologies Oy Aleksi Salmirinne di KBRI Helsinki pada 4 September 2023.

Dubes Ratu Silvy menyatakan nota kesepahaman antara dua perusahaan tersebut merupakan realisasi penting dari MoU antara pemerintah Indonesia dan Finlandia mengenai kerja sama di bidang energi berkelanjutan, bersih dan terbarukan serta efisiensi energi yang diperpanjang pada April 2022.

Menurut Ratu, kolaborasi antara kedua perusahaan tersebut sangat ideal dan saling melengkapi yang mana di satu pihak Indonesia memiliki komitmen untuk melakukan transisi energi hijau di sisi lain, Finlandia memiliki inovasi yang sangat maju di bidang teknologi bersih.

"Saya percaya proyek ini tidak hanya menguntungkan Indonesia dan Finlandia, tetapi juga dunia,” ujar Ratu Silvy.

Sementara itu Budi Basuki menambahkan misi Papua Project dengan dukungan Valmet, yakni "Brightening the Eastern Part of Indonesia with Biomass Power Plan" atau "Menerangi bagian timur Indonesia dengan pembangkit listrik tenaga biomassa".

Melalui proyek ini, lanjutnya, pihaknya akan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di wilayah Papua, dengan kapasitas keluaran rincian sebesar 3,5 MW.