Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 Bahas Energi Terbarukan Geotermal

IRES 2023 Bahas Energi Terbarukan Geotermal
IRES 2023 Bahas Energi Terbarukan Geotermal (Foto : )

Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 Bahas Energi Terbarukan Geotermal Energi geotermal adalah energi yang berasal dari panas bumi. Panas bumi ini bersumber dari aktivitas vulkanik di dalam bumi.

Energi geotermal menurut Lina selaku ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023 merupakan sumber energi terbarukan yang memiliki banyak keunggulan.

Adapun keunggulan-keunggulan tersebut yaitu dapat diperbarui secara terus-menerus dan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Selain itu juga apat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik, pemanas air dan budidaya pertanian.

Namun lanjut Lina, energi geotermal juga memiliki beberapa tantangan, salah satunya adalah biaya yang relatif tinggi.

Hal ini disebabkan oleh biaya eksplorasi dan pembangunan pembangkit listrik geotermal yang cukup besar.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah membantu untuk mengatasi tantangan ini. Teknologi pengeboran dan eksplorasi yang lebih canggih telah membuat biaya eksplorasi geotermal menjadi lebih terjangkau. Selain itu, teknologi pembangkit listrik geotermal yang lebih efisien juga telah membantu untuk mengurangi biaya operasi dan pemeliharaan," ungkap Lina.