Uber Cup 2024 : Sejarah 16 Tahun Terpatahkan, Singkirkan Korea, Indonesia Ke Final Uber Cup

Ester Nurumi Tri Wardoyo
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Foto : bwfbadminton)

Antv – Hasil pertandingan semifinal Uber Cup 2024, Tim Putri Indonesia berjuang secara dramatis setelah berhasil menyingkirkan juara bertahan Korea Selatan 3-2 di Chengdu, China, Sabtu 4 Mei 2024.

Dengan kemenangan ini,Tim Uber Cup Indonesia meraih tiket ke babak final. Di final, Indonesia akan menantang Cina yang mengalahkan Jepang 3-0. Indonesia terakhir kali bisa sampai ke final Uber Cup pada 2008 silam. Ketika itu turnamen diselenggarakan di Jakarta, namun kalah di final dari Cina 0-3.

Indonesia kali terakhir juara Uber Cup pada tahun 1996 di Hongkong, saat itu Susi Susanti dkk mengalahkan Cina 4-1. 

Pertarungan menegangkan ini dibuka tunggal putri bulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Korea Selatan menempatkan Sim Yu Jin sebagai lawannya. Gregoria Mariska membuka jalan Indonesia dengan baik. Pebulutangkis kelahiran Wonogiri itu berhasil mengalahkan Sim Yu Jin dalam dua game langsung, 21-15 dan 21-13.

Pada pertandingan kedua, kontingen Indonesia menelan kekalahan. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang diturunkan untuk sektor ganda putri bulutangkis kalah dari Baek Ha Na/Lee So Hee. Apriyani/Fadia bahkan kalah telak 6-21 pada game pertama. Mereka mencoba memberi perlawanan pada game kedua, tapi lagi-lagi kalah dengan kedudukan 18-21.

Duel sengit tersaji pada pertandingan ketiga. Ester Nurumi Tri Wardoyo menambah poin Indonesia setelah mengalahkan Kim Ga Ram dalam durasi 1 jam 7 menit. Ester Nurumi kalah 20-22 pada game pertama. Tapi dia tak mau menyerah. Game kedua berhasil dimenangkan dengan skor 21-16 dan di penentuan dia unggul 21-12.

Ganda putri Indonesia kembali menelan kekalahan di semifinal Uber Cup 2024 ini. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto harus menyerah dalam dua game langsung melawan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong. Lanny/Ribka dipaksa menyerah 15-21 pada game pertama. Selanjutnya mereka harus mengakui keunggulan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong dengan skor 14-21.