Satgas Yonif 122/TS Gelar Pemeriksaan Sepanjang Jalan Distrik Waris Papua

Antisipasi Penyusupan dan Penyelundupan Pos Kalimo, Satgas Yonif 122/TS Gelar Pemeriksaan Sepanjang Jalan Distrik Waris Papua
Antisipasi Penyusupan dan Penyelundupan Pos Kalimo, Satgas Yonif 122/TS Gelar Pemeriksaan Sepanjang Jalan Distrik Waris Papua (Foto : Dok. Penerangan Satgas Yonif 122/TS)

Antv – Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, yang berada di bawah naungan Korem 172/PWY menggelar kegiatan pemeriksaan sepanjang jalan raya tepatnya, dalam rangka mencegah peredaran barang ilegal, tepatnya di Kp. Kalimo Distrik waris, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (05/09/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin Wadanpos Kalimo Serda Albari Syahputra Zega beserta anggota melaksanakan pemeriksaan pengendara roda dua dan roda empat yang melintasi jalan.

"Adapun rute yang kami gelar merupakan jalan umum yang melintasi arah dari Jaya Pura menuju Wamena maupun sebaliknya, dengan pemeriksaan berupa muatan maupun administrasi para pengendara" terang Wadanpos Kalimo Serda Albari Syahputra Zega.

“Petugas melaksanakan pemeriksaan dengan Sopan, Seluruh pengguna jalan yang melintas wajib berhenti dan turun dari kendaraan, apabila ditemukan barang yang terlihat mencurigakan akan diturunkan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut” tambahnya.

Lanjutnya menerangkan, selain melakukan pemeriksaan, Anggota Pos Kalimo juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang melintas agar ikut menjaga keamanan dan menghindari barang-barang ilegal yang dapat merugikan terutama Miras dan Narkoba.

"Tujuan diadakan Pemeriksaan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kp. Kalimo, Distrik Waris , kabupaten Keerom, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab" Tutupnya.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, dengan mengedepankan pengamanan melalui pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan Ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan.