Sah! Sidang Tim Penilaian Akhir Memutuskan Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel

Sah! Sidang Tim Penilaian Akhir Memutuskan Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel
Sah! Sidang Tim Penilaian Akhir Memutuskan Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel (Foto : Dok. Kemendagri)

AntvSidang yang diselenggarakan untuk menilai dan menentukan siapa yang akan menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) telah selesai dilaksanakan pada Kamis (31/8/2023) petang.

Dalam sidang ini, diputuskan bahwa Bahtiar, yang merupakan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) di Kementerian Dalam Negeri, akan menjadi Penjabat Gubernur Sulsel sampai pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2024.

Sidang ini dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Sidang TPA baru selsai digelar. Pak Bachtiar yang terpilih untuk ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel,” kata seorang sumber.

Sebelumnya, ada tiga nama yang diajukan untuk dibahas di Sidang TPA penunjukan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan yang diadakan di Jakarta pada jam 3 sore tadi.

Ketiga nama tersebut adalah: Restuardy Daud, yang merupakan Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah di Kemendagri; Bahtiar, yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di Kemendagri; serta La Ode Ahmad Pidana Bolombo, yang merupakan Staf Ahli Menteri di bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Mengutip wikipedia, Bahtiar adalah seorang pejabat madya atau pejabat eselon I di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), sebelum menjabat Direktur Jenderal Polpum Kemendagri, ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri.

Bahtiar merupakan lulusan SMK Yapia Parung. Selama menjabat Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri itu dikenal sangat dekat dengan kalangan jurnalis. Bahkan kedekataan Bahtiar dengan jurnalis masih sangat terasa sampai saat ini.