Terbang bersama F-16 TNI AU dan Rafale AU Prancis di Langit Madiun, Jawa Timur

Terbang bersama  F-16 TNI AU dan Rafale AU Prancis di Langit Madiun
Terbang bersama F-16 TNI AU dan Rafale AU Prancis di Langit Madiun (Foto : Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara)

Antv – Tiga pesawat Tempur F-16 TNI AU dan satu pesawat tempur Rafale, serta satu pesawat tanker  A-330 MRTT Angkatan Udara Prancis (FASF – France Air and Space Force) melaksanakan terbang bersama ( join flight) di langit Madiun, Jawa Timur, Selasa (25/7/2023).

Di Madiun, tepatnya di Selatan Training Area Lanud Iswahjudi, pesawat-pesawat tempur F-16 TNI AU dan satu Rafale RASF melaksanakan simulasi latihan pengisian bahan bakar di udara ( dry Air to Air Refueling exercise) menggunakan pesawat tanker A-330 MRTT.

Keempat pesawat tempur secara bergantian melaksanalan dry Air to Air Refueling pada ketinggian 2.000 feet. Saat join flight, pesawat Rafale diawaki oleh penerbang Angkatan Udara Prancis dan Mayor Pnb Dedi "Kingbee" Andres S ( back seat), dari Skadron Udara 1 Wing 7 Lanud Supadio, Pontianak.

Join flight dan pelaksanaan dry Air to Air Refueling exercise TNI AU dan RASF ini, merupakan bagian dari misi Pegase Angkatan Udara Prancis di Indonesia.

Sebanyak 13 pesawat (6 Rafale, 4 A-400M dan 3 A-330 MRTT) Angkatan Udara Prancis dilibatkan pada misi Pegase yang akan berlangsung selama sepekan tersebut.

Di Indonesia, delegasi Prancis akan melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral.

Selain itu, Angkatan Udara Prancis dan TNI AU juga melaksanakan subject matters experts briefing untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, antar penerbang kedua angkatan udara.