Kebakaran Hebat Menimpa Belasan Rumah Warga di Samarinda, Sebabnya?

Kebakaran Hebat Menimpa Belasan Rumah Warga di Samarinda
Kebakaran Hebat Menimpa Belasan Rumah Warga di Samarinda (Foto : antvklik-Asho Andi Marmin)

AntvKebakaran hebat melanda kota tepian Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa sore (9/5/2023). Si jago merah dengan cepat menghanguskan sedikitnya 10 rumah tinggal dan rumah kosan 8 pintu.

Peristiwa kebakaran itu terjadi di kawasan padat penduduk di Jalan Ulin, tepat samping pasar Kedondong Kec. Sungai Kunjang, Kel. Karang Asam Ilir, Kota Samarinda.

Rumah warga yang mayoritas terbuat dari kayu, membuat api dengan cepat meludeskannya.

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga berjibaku padamkan kobaran api yang terus membesar.

Sebelum kejadian, seorang warga bernama Muhammad Nur mengatakan, dirinya sempat menegur seorang anak yang sedang merokok di kosan yang terbakar tersebut.

Tak berselang lama muncul asap dan api membesar di rumah tersebut.

"Tadi saya sempat menegur dan mengusir anak-anak itu supaya jangan merokok. Tapi tak lama setelahnya, keluar asap dari rumah kos yang lagi kosong. Saya teriak tapi tidak ada yang menggunrisnya hingga api membesar," ucap Muhammad Nur.

Lokasi kebakaran yang berada di gang sempit serta banyaknya warga yang datang hanya sekedar melihat, membuat petugas pemadaman sempat kesulitan menjinakkan api.

"Kami kesulitan memadamkan kobaran api karena berada di gang yang sempit dan banyak kerumunan warga. Sehingga unit mobil pemadam tidak mampu mencapai titik api dan hanya dilakukan penyemprotan dari atap rumah warga," ujar Hendra, Kepala Dinas Damkar Kota Samarinda.

Untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut, petugas dari Polresta Samarinda melakukan olah tempat kejadian dan meminta keterangan dari beberapa saksi.