Ribuan Pemudik Motor Dikawal Polisi hingga Perbatasan Lampung

Ribuan Pemudik Motor Dikawal Polisi hingga Perbatasan Lampung
Ribuan Pemudik Motor Dikawal Polisi hingga Perbatasan Lampung (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvRibuan pemudik yang menggunakan motor atau kendaraan roda dua yang tiba di Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Ciwandan, mendapat pengawalan dari Polres Lampung Selatan.

Pengawalan pengendara roda dua ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di malam hari.

Satlantas Polres Lampung Selatan menyiapkan 3 regu  dan 20 personil untuk mengamankan para pemudik sepeda motor.

Pengawalan tersebut dimulai saat para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua setelah tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, terlebih dahulu akan diarahkan ke halaman parkir untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

"Satlantas Polres Lampung Selatan memberikan pelayanan kepada saudara-saudara kami akan yang melaksanakan mudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni," kata Kasat Lantas Polres Lampung Selatan, AKP Jonnifer Yolanda, Rabu (19/4/2023).

Ia menjelaskan pihaknya melakukan pengawalan bagi pemudik roda dua menuju tempat tujuan hingga ke perbatasan Provinsi Lampung yang dilakukan secara estafet dan dilakukan pengawalan dari masing-masing polres.

"Cara bertindaknya, kami dari Polres Lampung Selatan melakukan pengawalan ini dari Pelabuhan Bakauheni yang dilakukan secara estafet hingga perbatasan Provinsi Lampung," jelasnya.

Pengawalan tersebut, lanjut AKP Jonnifer, bertujuan untuk memberikan keamanan serta kenyaman para pemudik saat berjalan pada malam hari serta mengantisipasi hal yang tidak diinginkan di perjalanan saat mudik.

"Kita untuk menjaga saudara-saudara yang melakukan mudik ini baik itu dari pelaku kejahatan maupun kecelakaan lalu lintas. Sehingga kita dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 18 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 19 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau H-4, tercatat jumlah kendaraan roda dua mencapai 11.724 unit atau turun 15% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 13.748 unit.