Gempa Magnitudo 6,6 di Tuban, Gertaran hingga Tasikmalaya, Warga Panik Berhamburan

Gempa Magnitudo 6,6 di Tuban, Gertaran hingga Tasikmalaya
Gempa Magnitudo 6,6 di Tuban, Gertaran hingga Tasikmalaya (Foto : antvklik-Denden Ahdani)

AntvGempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 yang berpusat di Tuban, Jawa Timur, getarannya terasa hingga di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada, Jumat (14/04/2023) sore. 

Getaran gempa yang cukup kuat membuat warga panik dan berhamburan keluarkan untuk menyelamatkan diri. 

Pantauan di Kampung Awiluar, Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, beberapa saat setelah gempa mengguncang, warga terus berhamburan menyelamatkan diri.

Hal itu karena mereka masih trauma dengan gempa yang terjadi pada tahun 2009 silam, yang sempat meluluhlantahkan rumah mereka. Kebetulan, waktunya juga sama di bulan Ramadan saat sore hari. 

Salah seorang warga, Lilis Wartini mengaku kaget ketiga gempa terjadi. Bahkan yang ia rasakan sempat pusing kepala, karena guncangan lantai cukup kuat. 

Saat itu, ia tengah memasak untuk persiapan buka puasa. Namun, ia merasakan guncangan gempa dan seluruh barang yang ada di dalam dapur bergoyang. 

"Iya saya kaget, gempanya cukup gede. Saya sampai pusing ini, tadi lantainya goyang. Tadi saya lagi masak, tiba-tiba barang yang ada di dapur berbunyi karena goyang. Saya langsung lari ke jalan, selamatkan diri," kata Lilis Wartini.