Kementerian Sosial Tingkatkan Layanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Melalui Pusat Kendali

Kementerian Sosial Tingkatkan Layanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Kementerian Sosial Tingkatkan Layanan Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Foto : Humas Kemensos)

AntvKementerian Sosial terus mengembangkan pelayanan dalam penanganan pengaduan masyarakat melalui sistem berbasis teknologi yang terintegrasi secara cepat dan tepat.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meresmikan Pusat Kendali atau Command Center Kementerian Sosial yang berlokasi di Gedung Cawang Kencana Kementerian Sosial, Jakarta Timur.

Pusat Kendali ini berfungsi untuk memonitor masalah-masalah kesejahteraan sosial yang terjadi di masyarakat secara real time. Pusat kendali juga melakukan pengumpulan permasalahan, penanganan kasus, pemberian perintah, pergerakan sumber daya, pengendalian pelaksanaan perintah, media koordinasi, dan pelaporan untuk respon cepat penanganan masalah sosial.

"Terus terang, Command Center ini awalnya kita buat untuk tindaklanjut action itu lebih cepat dan terukur terutama saat terjadinya bencana," jelas Mensos.

Pusat kendali ini menggabungkan berbagai layanan informasi dan pengaduan di satuan kerja lingkungan Kementerian Sosial yang terhubung dengan seluruh SDM Kesos di Indonesia tanpa ada penyekatan tugas satuan kerja sehingga penanganan menjadi terintegrasi dan terdokumentasi.

Meskipun baru diresmikan, Command Center ini sudah mulai dioperasikan sejak bulan Juni 2022. Bahkan Menteri Sosial berupaya untuk terus melakukan improvisasi, perbaikan, dan pembenahan supaya dalam proses menjalankan tugas dan fungsinya bisa berjalan lebih cepat.

"Sebetulnya Command Center ini sudah beroperasi beberapa bulan yang lalu namun baru kita resmikan. Masih perlu masukan-masukan dari berbagai pihak terutama user," tambah Mensos.