Mensos Paparkan Tantangan dan Isu Aktual di Hadapan Komisi VIII DPR RI

Mensos Paparkan Tantangan dan Isu Aktual di Hadapan Komisi VIII DPR RI
Mensos Paparkan Tantangan dan Isu Aktual di Hadapan Komisi VIII DPR RI (Foto : Humas Kemensos)

Antv –  Memasuki akhir triwulan pertama di 2023, Kementerian Sosial dihadapkan pada beberapa tantangan dan isu-isu aktual dalam penanganan kesejahteraan sosial. Di antaranya adalah bencana alam dan kekerasan pada anak. 

Pernyataan di atas disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menghadiri rapat kerja bersama Anggota Komisi VIII DPR RI membahas pelaksanaan program dan anggaran tahun 2023, di Gedung DPRI RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/3/2023). 

Salah satu yang disoroti Mensos adalah bantuan bencana. Hingga saat ini, realisasi realisasi bantuan kedaruratan atau dapur umum sudah mencapai 87% dari pagu senilai Rp25,5 milyar. Sehingga sisa anggaran kedaruratan adalah Rp3,2 milyar. 

Sedangkan buffer stock berupa bantuan makanan dan keluarga masih tersisa Rp149 milyar. 

Tahun lalu, kebutuhan buffer stock per bulan adalah senilai Rp17,3 milyar, sehingga pagu saat ini diprediksi hanya mampu memenuhi kebutuhan untuk 8,6 bulan.  

"Jadi jumlah pagu buffer stock Rp 149 miliar. Jadi estimasi buffer stock yang dapat terpenuhi sampai dengan Agustus kurang lebih 8,6 bulan," kata Mensos.

img_title
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memamparkan isu aktual. (Foto: Humas Kemensos)