Berikut Penjelasan Polisi Terkait Macet Parah di Jakarta Beberapa Hari Ini

Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.
Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman. (Foto : Viva)

Antv –Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi M. Latif Usman mengaku kemacetan parah terjadi di Jakarta beberapa hari ini. Kemacetan terjadi di jalan tol dan jalan arteri. Latif mengaku kemacetan ibu kota di pagi hari seperti air bah yang tumpah.

"Saya katakan, Jakarta ini kalau pagi hari seperti menerima air bah," katanya kepada wartawan, Selasa, 21 Maret 2023.

Dia menyebutkan, kemacetan parah di Jakarta lantaran meningkatnya volume kendaraan. Kendaraan dari daerah penyangga membuat polisi harus mengatur strategi lalu lintas.

Dia mengatakan, bertambahnya infrastruktur jalan seperti jalan tol diakui mengurangi beban kemacetan lalu lintas. Sebab, mereka yang dari daerah penyangga dapat mempersingkat waktu dengan adanya jalan tol.

"Air bah ini kalau satu per satu masuknya saya aturnya gampang. Karena ini banyak harus sabar (dalam pengaturan lalu lintas), kamu ke sini kamu ke sini. Tol itu mengurangi banyak, kalau enggak ada tol setengah mati kita. Justru orang dari wilayah semakin cepat semakin cepat datang Jakarta (dengan adanya tol)," ujarnya.

Lebih lanjut dilansir dari Viva.co.id, mantan Dirlantas Polda Jawa Timur ini menyebutkan, volume kendaraan yang meningkat berbanding terbalik dengan infrastruktur. Sehingga, dia meminta masyarakat bisa beralih ke transportasi umum.

"Infrastruktur di sini digarap bukan itu, tapi masuk ke Jakarta ini gunakanlah angkutan umum. Jangan semua pakai mobil pribadi," ujarnya.