3 Orang Tewas, 213 Orang Terluka Akibat Gempa Susulan Turki

3 Orang Tewas, 213 Orang Terluka akibat Gempa Susulan di Hatay, Turki
3 Orang Tewas, 213 Orang Terluka akibat Gempa Susulan di Hatay, Turki (Foto : Anadolu Agency)

Antv – Sedikitnya tiga orang tewas dan 213 lainnya terluka akibat gempa susulan yang mengguncang Turki bagian Selatan, di Provinsi Hatay, pada Senin Malam (20/2/2023), seperti dijelasnkan menteri dalam negeri Turki, Suleyman Soylu kepada Anadolu Agency. 

"Sebanyak tiga warga kita kehilangan nyawa; seorang di Distrik Antakya, satu di Distrik Defne, dan seorang lagi di Distrik Samandag," kata Suleyman Soylu. 

img_title
Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. (Foto: aa.com)

Suleyman menjelaskan bahwa proses pencarian dan pertolongan tengah berlangsung di ketiga lokasi. Sementara itu, menurut data AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki) bahwa tercatat sedikitnya 32 orang menjadi korban gempa susulan. 

AFAD menyebutkan bahwa gempa magnitudo 6,4 terjadi sekitar pukul 20.04 waktu setempat di Distrik Defne, Provinsi Hatay. Lalu tiga menit kemudian disusul gempa kedua magnitudo 5,8 dengan episentrum di Distrik Samandag, Provinsi Hatay. 

Gempa susulan ini terjadi sekira dua pekan setelah dua gempa dahsyat sebelumnya magnitudo 7,7 dan 7,6 dengan epicentrum di Kahramanmaras. Gempa tersebut menimbulkan kerusakan di 10 provinsi termasuk Hatay. Diperkirakan lebih dari 13 juta orang terkena dampaknya, dengan jumlah korban tewas kini lebih dari 41.000.