Wabah Diare Serang Warga di 4 Dusun Sumberejo, Pacitan, Ini Pesan untuk Dinkes

Wabah Diare Serang Warga di 4 Dusun Sumberejo, Pacitan
Wabah Diare Serang Warga di 4 Dusun Sumberejo, Pacitan (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvWabah diare tengah menyerang warga di 4 Dusun Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang diduga dipicu oleh keterbatasan air bersih dan bakteri e-coli yang mencemari air yang diminum warga.

Meski demikian, Kepala Desa Sumberejo Agung Tri Kuncoro menegaskan banyaknya kasus diare di Desanya tersebut sudah memasuki tahap mencemaskan.

Pihaknya terus menggerakkan semua perangkat Desa mulai RT RW bersama petugas kesehatan setempat untuk secepatnya melakukan berbagai upaya penanggulangan.

"Kami sudah meminta  Pemerintah Daerah  dalam hal ini  Dinas Kesehatan Pacitan  untuk segera mengatasi kasus diare ini secara tuntas," Katanya

Agung menambahkan, menurut versi Dinas Kesehatan Diare dipicu adanya virus e coli yang mencemari lingkungan. Bahkan ketersediaan air bersih kurang.  

Dengan demikian pada setiap musim tertentu menyebabkan munculnya berbagai penyakit menular.

"Ya kalau memang penyebabnya dari air minimal ada kajian. Wilayah sini itu sumber mata air tergolong baik secara kasat mata. Karena air pegunungan dan yang dikonsumsi warga kebanyakan air mineral isi ulang dan sebagian dari PDAM. Masyarakatnya rata rata juga memiliki jamban," imbuhnya.