SMRC: Elektabilitas Anies Lebih Kuat ke PKS dan Demokrat Daripada ke Nasdem

Elektabilitas Anies Kuat ke PKS dan Demokrat Ketimbang ke Nasdem
Elektabilitas Anies Kuat ke PKS dan Demokrat Ketimbang ke Nasdem (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat tren penurunan elektabilitas Partai NasDem usai mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) mereka untuk Pilpres 2024.

NasDem deklarasi mengusung Anies sebagai capres pada 3 Oktober 2022 lalu. Sementara dalam survei yang dirilis Rabu (23/11/2022), atau sekitar sebulan setelah deklarasi itu, SMRC mencatat elektabilitas NasDem berada di angka 4,8 persen. Angka tersebut turun dari Oktober sebanyak 5,4 persen.

Tren penurunan juga terjadi pada Gerindra dari 11 persen pada Agustus menjadi 9 persen pada November.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebut deklarasi capres tak memiliki dampak pada kenaikan elektabilitas partai.

"Belum ada indikasi suara Gerindra dan NasDem menjadi lebih kuat dibanding hasil Pemilu 2019," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima antvklik,com, Kamis (22/12/2022).

Bahkan menurut Deni, catatan elektabilitas kedua partai tak menunjukkan peningkatan dari perolehan suara mereka di Pemilu 2019. Kala itu, NasDem memperoleh suara 9,1 persen dan menjadi partai terbesar kelima di parlemen. 

Sedangkan, Gerindra yang mengusung Prabowo pada Pemilu 2019, berada di posisi kedua di bawah PDIP dengan perolehan suara sebesar 12,57 persen.