Internet Down saat Kampanye Akbar di JIS, Anies Baswedan Berjanji Akan Mengusutnya

Internet Down saat Kampanye Akbar di JIS, Anies Baswedan
Internet Down saat Kampanye Akbar di JIS, Anies Baswedan (Foto : antvklik-Abdul Hadi)

AntvKampanye terakhir atau Rapat Akbar dengan "Kumpul Akbar Bersatu Berani Berubah" digelar oleh capres no 1. Anies Baswedan dan Muhaimn Iskandar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (10/2/2023).

Nampaknya, kegiatan besar-besaran yang melibatkan massa lebih dari seribu orang itu diwarnai hal tak terduga, jaringan internet yang mendadak terputus alias down saat acara puncak berlangsung.

Para awak media yang berada di tempat untuk meliput acara tersebut terpaksa tidak dapat menghadirkan langsung momen penting tersebut kepada khalayak.

Mendengar hal ini, calon presiden nomor satu, Anies Baswedan, bersikeras untuk melakukan investigasi menyeluruh.

"Kami akan mengecek apa yang sesungguhnya terjadi. Saya minta semua transparan," ujar Anies Baswedan saat jumpa pers usai acara, Sabtu (10/2/2024).

Anies ingin mengungkap akar permasalahan di balik gangguan koneksi internet yang mengganjal tersebut.

Jika kesalahan tersebut berasal dari Event Organizer (EO), lanjut Anies, maka pihak tersebut harus bertanggung jawab atas kesalahan tersebut.

Tetapi, jika ada pihak lain yang melakukan kesalahan, maka hal tersebut akan dilaporkan.

"Jika ada kesalahan dari pihak luar, pihak ketiga, kami akan segera melaporkannya. Intinya, hasil investigasi akan kami sampaikan tanpa cela," ungkapnya.

Dengan rendah hati, Anies mengakui bahwa segala ketidaknyamanan itu merupakan tanggung jawabnya sebagai penyelenggara.

Dia juga mengucapkan permintaan maaf kepada para awak media yang terdampak.

"Segala kekurangan yang terjadi di sini, itu tanggung jawab saya. Oleh karena itu, saya memohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang dialami," ujarnya dengan tulus.

Sebelumnya, lautan massa memadati Jakarta Internasional Stadium (JIS) dalam acara kampanye akbar calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Sejak malam hari, massa yang mengaku datang tanpa bayaran dan dengan ongkos sendiri dari berbagai wilayah tersebut, telah memenuhi stadion berkapasitas 82.000 tempat duduk itu.

 

img_title
Lautan Manusia Memenuhi JIS. (Foto: antvklik-Abdul Hadi)


Selain itu, lapangan JIS yang diperkirakan menampung 10.000 orang juga dipadati oleh simpatisan paslon nomor urut 1 itu.

Tidak hanya di dalam stadion, massa juga terlihat memadati area sekitar JIS, jalan-jalan menuju JIS dipenuhi dengan kendaraan dan massa yang hendak menuju JIS.

Area parkir dan concourse juga terlihat penuh oleh massa pendukung Anies-Muhaimin, sehingga banyak peserta yang harus berjalan kaki hingga berkilo-kilo meter.

Anies Imbau Pendukungnya Saling Jaga dan Lindungi

Anies Baswedan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ribuan pendukung yang menghadiri acara kampanye akbar AMIN bertajuk 'Kumpul Akbar Bersatu Berani Berubah'.

"Luar biasa massa yang hadir, bahkan sudah ada yang menginap sejak malam tadi. Terima kasih atas semangatnya!," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun mengimbau agar para pendukung yang hadir di JIS tetap menjaga ketertiban dan saling melindungi.