Aparat Akan Jaga 1.385 Gereja saat Natal di Jadetabek

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. (Foto : Viva)

Antv –Pihak aparat terkait akan menjaga 1.385 gereja yang ada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) saat natal. Langkah tersebut untuk antisipasi aksi teror. Sebanyak 7.421 personel akan dikerahkan untuk menjaga gereja.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, polisi akan melibatkan TNI dalam penjagaan gereja.

"Kami mencatat ada 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang akan diamankan oleh kepolisian dibantu rekan-rekan dari TNI dan juga dari pemerintah daerah serta masyarakat tentunya," ujar Zulpan di Markas Polda Metro Jaya, Senin 19 Desember 2022.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu mengatakan, tim gegana pun bakal menyisir gereja-gereja tersebut. Untuk itu, masyarakat diminta tak panik lantaran polisi bersama stakeholder terkait sudah mempersiapkan pola pengamanannya.

"Hal-hal demikian tentunya ini sudah menjadi standar operasi pengamanan yang dilakukan kepolisian," ujarnya.

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan, selain mengamankan gereja, ribuan anggota yang tergabung dalam Operasi Lilin Jaya 2022 ini pun bakal melakukan pengamanan pada beberapa objek vital, lokasi wisata, jalan tol guna mengantisipasi terjadinya kemacetan selama masa libur natal dan tahun baru (nataru).

"Untuk pos pam (pengamanan) dalam Operasi Lilin Jaya 2022 itu ada sebanyak 97. Adapun pos pelayanan atau pos yan 38 tersebar di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya, baik itu Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Depok," katanya.