Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Ketegasan Presiden Jokowi Terhadap Uni Eropa

Erick Thohir Dukung Ketegasan Presiden Jokowi Terhadap Uni Eropa
Erick Thohir Dukung Ketegasan Presiden Jokowi Terhadap Uni Eropa (Foto : Dok. Kementerian BUMN)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung sikap tegas Presiden Jokow Widodo (Jokowi) terhadap Uni Eropa terkait hirilisasi dan industrialisasi.

Presiden tetap berpendirian tidak mengekspor nikel dan membuka diri jika negara lain bermitra dengan mendirikan pabrik di Indonesia.

"Dalam pidato pembukaan KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Belgia, Bapak Presiden mengirimkan pesan begitu kuat. Bahwa membangun kemitraan harus berlandaskan pada kesetaraan dan tidak boleh ada yang namanya pemaksaan," ujar Erick dalam keterangannya, Sabtu (17/12/2022).

Menurut Erick, kekayaan SDA sudah terlalu lama hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja negara lain.

Kini pemerintah serius melakukan hilirisasi dan industrialisasi. Agar SDA memberikan nilai tambah dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi. Serta pembukaan lapangan kerja bagi bangsa sendiri.

Erick menyampaikan, proses hilirisasi terbukti mampu meningkatkan value nikel dari 1 Miliar dolar AS kini telah menjadi 27 Miliar dolar AS.

Setelah nikel, sambung Erick, pemerintah juga akan mendorong hilirisasi bauksit.