Presiden Jokowi Gelar Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Ini Arti dan Tata Caranya

Presiden Jokowi Gelar Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina
Presiden Jokowi Gelar Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melanjutkan prosesi pernikahan dengan ngunduh mantu Acara ngunduh mantu yang digelar di Solo, Minggu (11/12/2022).

Ngunduh mantu adalah prosesi adat tambahan pernikahan Jawa yang biasanya akan dilakukan oleh pasangan pengantin baru berdarah Jawa.

Dari segi bahasa, Ngunduh mantu berasal dari kata Ngunduh memiliki arti panen atau memanen, sedangkan Mantu artinya adalah menantu.

Jadi secara ringkas bisa diartikan, ngunduh mantu adalah wujud penyambutan dari keluarga mempelai laki-laki terhadap keluarga mempelai wanita.

Diketahui, Acara Ngunduh Mantu ini, meski tergolong tradisi yang sudah cukup kuno, namun masih kerap dilakukan oleh masyarakat yang beretnis Jawa.

Secara umum, ngunduh mantu akan ditandai dengan kunjungan dari mempelai wanita. Keluarga besar, dan kerabat dekat menuju kediaman pihak keluarga besan (orang tua dari pengantin pria).

Setelahnya, kedua mempelai harus sungkem kepada keluarga dari mempelai laki-laki sebagai bentuk hormat, bakti dan juga rasa syukur.