Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi

Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi
Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi (Foto : Dok. Biro Humas Setjen Kemhan RI)

Antv – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau Alutsista TNI AU di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jumat (8/3/2024).

Presiden bersama Menhan Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau pesawat tempur TNI AU yaitu pesawat F-16 C/D, F-16 AM/BM Fighting Falcon, serta pesawat T-50i Golden Eagle.

Semua pesawat yang ada di main apron ini dipersenjatai lengkap dengan Air to Air Missile dan Air To Ground Missile, serta avionic system yang sangat canggih.

“Jadi saya dengan Pak Menhan dan Pak Panglima mengecek pesawat jet tempur kita, F-16  yang sudah di upgrade di Lanud Iswahjudi. Yang kedua, juga kita juga melihat peragaan bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza,” ujar Presiden.

Hal ini menurut Presiden, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberikan kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke rakyat Gaza dan Palestina melalui udara dengan pesawat Hercules.

“Karena (bantuan) lewat darat juga sangat sulit,” tambah Presiden Jokowi.

Sementara itu Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menyampaikan bahwa beberapa pesawat F-16 AM/BM telah mengalami peningkatan kemampuan dan mampu melaksanakan pertempuran dengan amunisi cerdas atau smart munition, berpandu, dan bisa melaksanakan beyond visual range.

"Sama-sama F-16, tapi keduanya berbeda kemampuan karena F-16 AM/BM yang di tengah itu sudah mengalami peningkatan kemampuan avionic dan struktur. Kami menamakan dengan F-16 EMLU. Rencana akan 10 pesawat, sekarang 7 pesawat," kata Kasau.

Sementara itu, pesawat F-16 C/D lebih konvensional dan rencananya akan ditingkatkan juga kemampuannya.

Selain itu, pesawat T-50 memiliki persenjataan yang cukup mumpuni karena telah dilengkapi dengan radar dan gun yang sebelumnya tidak ada.

Di akhir, Presiden Jokowi tepat di depan podium turut menyaksikan demonstrasi udara. Sejumlah pesawat udara dan helikopter melakukan aksi pelepasan bantuan dari udara.