Video Detik-detik saat Fenomena Curah Hujan Ekstrim Dihempaskan ke Bumi

Video Detik-detik saat Fenomena Curah Hujan Ekstrim Dihempaskan
Video Detik-detik saat Fenomena Curah Hujan Ekstrim Dihempaskan (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Fenomena alam Cloudburst adalah curah hujan yang ekstrim dalam waktu singkat, terkadang disertai hujan es dan guntur, yang mampu menciptakan kondisi banjir.

Fenomena alam yang cukup menyeramkan itu terekam salah satu satelit dalam video timelaps yang memperlihatkan keganasan Cloudburst.

Salah satu yang membagikan video itu adalah akun Instagram @spaceinnutshell, Sabtu (26/11/2022), dengan memberika narasi dalam bahasan inggris yang artinya kurang lebih:

"Seperti inilah penampakan cloud burst Cloudburst adalah curah hujan yang ekstrim dalam waktu singkat, terkadang disertai hujan es dan guntur, yang mampu menciptakan kondisi banjir.

Namun, cloudburst jarang terjadi karena hanya terjadi melalui pengangkatan orografis atau kadang-kadang ketika parsel udara hangat bercampur dengan udara yang lebih dingin, yang mengakibatkan kondensasi mendadak.

Kadang-kadang, sejumlah besar limpasan dari ketinggian yang lebih tinggi secara keliru digabungkan dengan hujan deras. Istilah "semburan awan" muncul dari anggapan bahwa awan mirip dengan balon air dan dapat pecah, menghasilkan curah hujan yang cepat. Meskipun ide ini telah dibantah, istilah ini tetap digunakan."