Menteri BUMN Erick Thohir: Indonesia Serius Calonkan IKN Tuan Rumah Olimpiade 2036

Erick Thohir: Indonesia Serius calonkan IKN Tuan Rumah Olimpiade 2036
Erick Thohir: Indonesia Serius calonkan IKN Tuan Rumah Olimpiade 2036 (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan Pemerintah Indonesia sangat serius mencalonkan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Hal itu disampaikan Erick dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Rabu malam (16/11/2022), dan mengatakan bahwa, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu pagi telah memerintahkan dirinya untuk menjembatani diskusi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengenai pencalonan IKN.

“Setelah Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan (pencalonan tuan rumah Olimpiade), beliau menghubungi saya dan memerintahkan untuk menjembatani diskusi dengan IOC terkait kesiapan pencalonan ini,” kata Erick dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut Erick mengatakan, Indonesia sudah terbukti berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional, seperti halnya rangkaian pertemuan Presidensi G20, selama satu tahun terakhir ini. 

Selain itu, pencalonan IKN sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 juga diharapkan menjadi salah satu rangkaian menyambut peringatan satu abad kemerdekaan RI pada 2045.

Erick juga mengutip pernyataan Presiden IOC Thomas Bach bahwa olahraga juga dapat menciptakan perdamaian dunia. Tujuan perdamaian, kata Erick, senada dengan falsafah Indonesia yakni persatuan dalam keberagaman (Unity in Diversity).

“Melalui olahraga ini adalah salah satu langkah perdamaian yg bisa kami lakukan. Saya sangat berharap, dan kami sangat serius dalam menempuh langkah pencalonan ini, dan semoga bisa mendapat dukungan dari para anggota IOC,” kata Erick.