Ramalan Cuaca Hari Ini, Waspada Hujan di Sejumlah Kota Besar

Ilustrasi hujan dan petir.
Ilustrasi hujan dan petir. (Foto : doubtfull)

Antv –Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan sejumlah kota di Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang disertai angin dan petir.

Menurut situs BMKG pada Selasa (15/11/2022), terdapat potensi hujan petir di kota Jambi, Mataram, dan Pekanbaru pada Selasa siang hari. Kemudian, hujan sedang di kota Yogyakarta, Bandung, Ambon dan Mamuju. Sedangkan, pada Selasa siang hujan ringan diperkirakan bakal mengguyur Banda Aceh, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Kupang, Manokwari, Makassar, Kendari dan Medan.

BMKG mengemukakan, bibit siklon Tropis 94S terpantau di sekitar Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum sekitar 15-20 knot di sekitar sistem dan dengan tekanan udara 1008 mb.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Bibit siklon tropis cenderung bergerak ke arah timur-tenggara dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan kategori rendah.

Dampak bibit siklon tropis berupa peningkatan hujan sedang-lebat di barat Sumatera dan Jawa bagian barat serta meningkatkan ketinggian gelombang laut di samudra Hindia barat Sumatera-selatan Jawa dan pesisir barat Sumatera.

Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar barat Aceh, Laut Jawa, Sulawesi bagian utara, dan di Papua, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung hingga Bangka Belitung, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di Jawa Barat, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, di Papua Barat dan di Papua, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia Barat Sumatera.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.