Rawan Terjadi Bencana, Polda DIY Persiapkan Pasukan dan Peralatan

Rawan Terjadi Bencana, Polda DIY Persiapkan Pasukan dan Peralatan
Rawan Terjadi Bencana, Polda DIY Persiapkan Pasukan dan Peralatan (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama instansi terkait menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di halaman Mapolda DIY, Rabu (9/11/2022). Apel diikuti oleh unsur gabungan seperti TNI, Basarnas, BPBD, Satpol PP, PMI, Tagana, dan Dinas Kesehatan DIY.

Selain pasukan, dihadirkan juga sejumlah kendaraan dan peralatan untuk kesiapsiagaan bencana. Di antaranya mobil penanggulangan bencana, mobil komunikasi satelit, ATV, ambulans, hingga truk siaga bencana.

img_title
Kendaraan Taktis Siap Digunakan. (Foto: antvklik-Andri Prasetiyo)

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan bahwa DIY memiliki potensi bencana yang cukup tinggi. Di antaranya banjir, tanah longsor, angin puting beliung, ombak besar, hingga gempa bumi yang akan berakibat pada kerugian jiwa dan harta benda milik masyarakat.

“Oleh karena itu dalam rangka mengantisipasi segala bentuk bencana yang mungkin saja terjadi di wilayah DIY, diperlukan kesiapsiagaan dan keterpaduan dinas instansi terkait dalam rangka meminimalisir dampak yang ditimbulkan," kata Kapolda saat memimpin apel.

Dijelaskan Kapolda, selama kurun waktu tahun 2021 terjadi 6 kali peristiwa bencana alam di DIY. Namun pada periode Januari-Oktober 2022, jumlahnya naik lebih dari 400 persen menjadi 28 kejadian.

Sejak bulan Oktober kemarin, sebagian besar wilayah Indonesia termasuk DIY mulai memasuki musim penghujan. Hal ini bisa berakibat pada cuaca ekstrim berupa peningkatan curah hujan yang berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi yang mengakibatkan kerusakan lingkungan yang massif.