Rentetan Suara Tembakan Bersahutan di Sekitar Tugu Pahlawan Surabaya, Ini Sebabnya

Rentetan Suara Tembakan Bersahutan di Sekitar Tugu Pahlawan Surabaya
Rentetan Suara Tembakan Bersahutan di Sekitar Tugu Pahlawan Surabaya (Foto : antvklik-Zainal Azkhari)

Antv – Suasan Tugu pahlawan di pagi hari penuh hiruk pikuk dengan kandaraan panser dan tentara bersenjata langkap, bahkan sejumlah pria membawa bambu runcing juga berseliweran sambil naik sepeda kumbang.

Suasana ramai tersebut merupakan bagian dari Parade Juang Kota Surabaya menyambut datangnya hari pahlawan 10 November 2022.

Sebelum dimulainya Parade Surabaya Juang, ada penampilan drama teatrikal yang menggambarkan perjuangan Arek-arek Suroboyo melawan Tentara Sekutu, pada 10 November 1945.

Drama teatrikal dimulai dengan raungan sirine. Adegan pertama menampilkan empat orang Tentara belanda menyetop dua Tentara Indonesia yang sedang naik motor.

Kemudian, dilanjutkan dengan adegan penyebaran poster yang berisi ultimatum dari Tentara Sekutu kepada Arek-arek Suroboyo, untuk menyerahkan senjata usai tewasnya Brigjen Mallaby.

Dalam drama tersebut, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memerankan Bung Tomo Pahlawan Surabaya dalam pertempuran bersejarah 10 November.

“Enak ae Suroboyo kate dijajah maneh, ayo kemerdekaan sing wes diproklamasikno 17 Agustus diperhatankan (enak aja Surabaya mau dijajah lagi, ayo kemerdekaan yang sudah diproklamasikan 17 Agustus dipertahankan),” ujar Eri menirukan aksen suara Bung Tomo, Minggu (6/11/2022).