Populer Karena Miliki Suara Merdu, Ini Cara Nissa Sabyan Optimalkan Suaranya Saat Puasa

Pernah Populer Karena Miliki Suara Merdu, Ini Cara Nissa Sabyan Optimalkan Suaranya Saat Puasa
Pernah Populer Karena Miliki Suara Merdu, Ini Cara Nissa Sabyan Optimalkan Suaranya Saat Puasa (Foto : Fabbiola Irawan)

Antv – Saat bulan Ramadan tiba, kesibukan Sabyan sebagai band religi semakin meningkat. Namun, bagi Nissa Sabyan dan Ayus Sabyan, situasi ini tidak menjadi masalah. Malah, mereka merasa puasa justru membantu mereka dalam melakukan pertunjukan.

Meskipun aktif merilis lagu-lagu religi, Sabyan mengakui bahwa mereka tidak memiliki banyak stok lagu. Namun, hal ini tidak mengurangi semangat mereka untuk terus berkarya.

Bagi Nissa Sabyan, bulan Ramadan bukanlah penghalang untuk tetap produktif sebagai penyanyi. Bahkan, dia merasa bahwa puasa justru meningkatkan kualitas suaranya.

Sebagai penyanyi berusia 24 tahun, hal ini menjadi tambahan motivasi baginya untuk terus berkarya dalam dunia musik.

“Kalau gak puasa, makanannya kan apa aja. Kalau puasa, jadi ngerasa ngebantu karena gak sering-sering makan minyak, makan pedes. Lumayan ngebantu,” tutur Nissa Sabyan dalam wawancara eksklusif bersama IntipSeleb, 14 Maret 2024 lalu.

“Kalau yang Nissa rasain, puasa malah suara Nissa gak serak sama sekali, gak kotor. Kalau gak puasa, merasa harus recovery banget. Makan kencur lah, minum air hangat. Tapi kalau puasa, aman, clear banget,” tambahnya.
 
Setiap orang pasti mengalami masa-masa ketika tubuhnya tidak berfungsi secara optimal, dan hal ini tidak terkecuali bagi Nissa Sabyan.

Oleh karena itu, sebagai leader, Ayus Sabyan selalu berusaha membantu Nissa ketika suaranya sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Jika Nissa mengalami masalah dengan suaranya di luar panggung, Ayus memastikan untuk memberikannya minuman-minuman herbal yang dapat membantu meredakan keluhan tersebut.

Sementara itu, ketika mereka sedang melakukan sesi rekaman, Ayus akan menyesuaikan jadwal agar Nissa memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan memastikan suaranya dalam kondisi prima saat proses perekaman berlangsung.

Ini adalah upaya dari Ayus untuk memastikan bahwa kualitas suara Nissa tetap maksimal dalam setiap penampilan dan rekaman yang mereka lakukan.

“Kalau di off air, mau gak mau (Nissa harus konsumsi) bahan-bahan herbal ya, kencur. Tapi kalo recording, kalau lagi kayak gitu, gak bisa. Harus istirahat, cari waktu lain, cari hari lain, ganti. Maksudnya kan ini di vokal. Kalau lagi recording, ya gak bisa dipaksa,” ujar Ayus Sabyan.
 
Ayus Sabyan, sebagai leader Sabyan, mengaku tidak memiliki stok khusus lagu Sabyan yang akan dirilis di masa depan. Justru, ia baru membuat lagu jika ada momennya.

“Biasanya kalau gak per momen atau kejadian, seperti waktu pandemi kita keluarin album. Jadi kalau dibilang, stok lagu Sabyan itu gak ada. Besok mau Ramadan, yaudah bikin lagu Ramadan,” tuturnya.

“Atau ada beberapa lagu yang kejadiannya udah dibuat. Inspirasinya dari situ,” tandas Ayus Sabyan.