PDIP Jelaskan Mega Tidak Gusar dan Panik Partai Lain Deklarasi Capres

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. (Foto : PDIP)

AntvPDIP melaluai Ketua DPP Said Abdullah menjelaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri tidak gusar dan panik dengan langkah parpol lain yang telah mendeklarasikan calon presiden 2024.

"Kuatnya akar sosial dan kematangan spiritualitas, hiruk pikuk pilpres yang disertai manuver berbagai sebagian elit politik dalam dukung mendukung kandidat tidak membuat Ibu Ketua Umum gusar, apalagi panik," kata Said dalam keterangannya diterima awak media, Selasa (11/10/2022), seperti diberitakan VIVA.co.id.

Ia menilai kepemimpinan Megawati dalam melahirkan pemimpin nasional sudah teruji dan terbukti.

“Sangat banyak aspek yang beliau pertimbangkan dalam menentukan calon pemimpin. Beberapa prinsip teguh yang senantiasa beliau pegang misalnya, pemimpin harus setia dan berpegang teguh pada negara kesatuan, Pancasila, konstitusi, dan memahami betul kebhinekaan kita sebagai fondasi berfikir dan bertindaknya," ujarnya.

Rekam jejak dan elektabilitas akan menjadi pertimbangan Megawati dalam menentukan capres 2024.

"Sebab dalam demokrasi seperti yang kita jalani saat ini, citra dan pesona mudah sekali dibentuk oleh penjual jasa kemasan pembentuk citra publik. Framing penipuan seperti ini yang sangat kita hindari. Bagi PDI Perjuangan, kepemimpinan otentik tidak dibentuk oleh industri jasa pencitraan, tetapi melalui pergulatan panjangnya sebagai bagian pergulatan bangsa ini, sepak terangnya diakui oleh rakyat," kata Said.

Lebih lanjut, Said mengklaim seluruh kader PDIP akan tegak lurus terhadap perintah Megawati. Salah satunya adalah tenaga dan pikiran PDIP harus fokus terlebih dahulu ikut menyelesaikan persoalan masyarakat yang saat ini terkuras karena sejumlah masalah seperti efek pandemi COVID-19, ancaman krisis pangan dan energi.