Benarkah Bawang Putih Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat?

Benarkah Bawang Putih Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat?
Benarkah Bawang Putih Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat? (Foto : )
Sejumlah ahli dermatologi tidak menyarankan penggunaan bawang putih untuk membantu menghilangkan jerawat, karena risikonya lebih besar ketimbang manfaatnya.
Belakangan di media sosial, beberapa orang membagikan pengalamannya dalam menghilangkan jerawat dengan bawang putih. Lalu, benarkah bawang putih dapat membantu menghilangkan jerawat seperti yang beredar di media sosial tersebut?Menurut studi tahun 2014, kandungan senyawa allicin dalam bawang putih disebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain itu, penelitian tahun 2011 juga mengungkap bahwa mengoleskan bawang putih ke kulit, bisa memberikan efek antimikroba dan membantu penyembuhan luka, terutama untuk sejumlah masalah kulit seperti psoriasis, alopecia areata, bekas luka keloid, infeksi jamur dan leishmaniasis.Formula antiperadangan dan antimikroba dalam bawang putih memang potensal bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, hingga kini belum ada bukti ilmiah kuat yang menyebut bawang putih bisa menghilangkan jerawat.Dilansir dari
SELF , sejumlah ahli dermatologi tidak menyarankan orang yang berjerawat untuk mengoleskan bawang putih ke kulit bermasalah mereka. Pasalnya, risiko menghilangkan jerawat dengan bawang putih lebih besar ketimbang manfaatnya.“Menurut pengalaman saya, menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat bukanlah ide yang bagus,” kata Marie Legel, M.D, Ph.D, asisten profesor dermatologi yang berbasis di New York, AS.Menurut Leger, setiap orang perlu mempertimbangkan risiko menggunakan bawang putih untuk membantu menghilangkan jerawat. Salah satunya, masalah kulit dermatitis kontak. Gejala masalah kesehatan kulit ini di antaranya kulit ruam, melepuh, dan bersisik.Risiko kesehatan tersebut tidak hanya mengancam orang yang alergi bawang putih, tapi juga rentan dialami orang yang tidak alergi bawang putih. Efek samping alergi bawang putih tak jarang meninggalkan flek atau noda kecoklatan dan butuh waktu berlbulan-bulan untuk menghilangkan bekas lukanya.