Sutradara Ram Gopal Varma Sebut Ranbir Kapoor dengan Senapan Mesin Adalah Permata Sinematik

Sutradara Ram Gopal Varma Sebut Ranbir Kapoor dengan Senapan Mesin Adalah Permata Sinematik
Sutradara Ram Gopal Varma Sebut Ranbir Kapoor dengan Senapan Mesin Adalah Permata Sinematik (Foto : Tangkap Layar)

AntvFilm Animal yang dibintangi aktor Bollywood Ranbir Kapoor, Rashmika Mandanna, Anil Kapoor dan Bobby Deol, sebagai pemeran utama, tayang di layar lebar pada hari Jumat (1/12/2023).

Filmyang disutradarai oleh Sandeep Reddy Vanga ini menerima tanggapan yang berbeda dari para kritikus dan penonton.

Sutradara Ram Gopal Varma, yang juga dikenal sebagai sutradara yang membuat film-film polarisasi, memiliki banyak hal untuk dikatakan tentang film ini.

Ram menulis bahwa pembuat film Fatal Attraction dan Lolita, Adrian Lyne, pernah mengatakan bahwa film harus membuat para penonton berdebat dengan keras tentang apa yang diperjuangkan oleh sebuah film dan Sandeep berhasil melakukan hal tersebut dengan Animal.

"Akan ada perdebatan besar-besaran mengenai konten dan karakter Ranbir dalam Animal jauh setelah masa box office-nya berakhir dan saya benar-benar percaya bahwa film ini juga dapat memicu sebuah perombakan budaya karena cara Sandeep merobek-robek kemunafikan moral dengan kejujurannya yang telanjang. Hal ini dikarenakan Animal bukan hanya sebuah film...ini adalah sebuah pernyataan sosial," ujar Ram.

Dalam salah satu adegan kunci dari film ini, karakter Ranbir, Ranvijay Singh, meninggalkan sebuah ruangan yang penuh dengan musuh dan kembali dengan sebuah senjata yang dibuat khusus untuk tujuan ini.

Sang sutradara mengklaim bahwa momen tersebut merupakan sebuah permata sinematik, dengan menulis, "Salah satu momen favorit saya adalah ketika diluar ekspektasi semua orang, termasuk saya sebagai penonton, ia akan kembali dengan tongkat bisbol atau semacamnya, tetapi ia kembali dengan senapan mesin yang hampir membuat kami semua jatuh dari kursi dan momen tersebut merupakan sebuah permata sinematik yang murni."

Ada beberapa adegan tertentu dalam film ini yang dikritik oleh para penonton karena tidak menambah alur cerita atau lebih buruk lagi, ada hanya untuk memicu orang tanpa alasan.

Namun, Ram percaya bahwa adegan-adegan tersebut dimasukkan ke dalam film ini bukan hanya untuk memberikan kelegaan komedi tetapi juga untuk memenuhi sebuah alasan.
"Beberapa adegan komedi acak seperti memukul tali bra, berbicara tentang seks dengan para dokter dan lain-lain yang tampaknya tidak memiliki konteks tetapi apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah secara tidak sadar bertindak sebagai palu godam untuk mendorong karakter protagonis ke dalam kepala para penonton," tulisnya.


Ram sangat memuji penampilan Ranbir, menulis, "Tidak sejak film pertama India, Raja Harishchandra pada tahun 1913 hingga sekarang pada tahun 2023 dalam 110 tahun terakhir, tidak ada yang lebih konsisten dan intensitas dalam penggambaran seorang aktor terhadap sebuah karakter dibandingkan dengan apa yang dilakukan Ranbir dalam film Animal." Ia juga menambahkan, "Lebih dari sekedar telanjang secara fisik dalam adegan tertentu, ia telanjang secara emosional sepanjang film dalam penampilannya yang membutuhkan lebih banyak kekuatan pikiran daripada sekadar telanjang secara fisik."

Ram juga mendapatkan umpan balik negatif, dengan sang sutradara mengklaim bahwa ia tidak terhubung dengan hubungan ayah dan anak atau persaingan keluarga.