Komposer Uttam Singh Sebut Lagu Karyanya di film 'Gadar 2' Belum Meminta Izin Resmi Kepadanya

Komposer Uttam Singh Sebut Lagu Karyanya di film Gadar 2
Komposer Uttam Singh Sebut Lagu Karyanya di film Gadar 2 (Foto : Kolase Istimewa)

Antv – Sutradara film 'Gadar 2', Anil Sharma telah bereaksi terhadap tuduhan dari komposer musik Uttam Singh yang telah menggunakan karyanya tanpa izin dalam film yang dibintangi oleh Sunny Deol dan Ameesha Patel ini.

Beberapa hari yang lalu, Uttam Singh mengecam sang sutradara karena memasukkan lagu-lagu hitnya, 'Main Nikla Gaddi Leke' dan 'Udd Jaa Kaale Kaava' ke dalam film sekuel ini tanpa persetujuannya.

Dalam salah satu wawancara baru-baru ini, Anil Sharma mengatakan bahwa ia terkejut atas tuduhan tersebut.

"Saya telah menunjukkan kepada Uttamji semua lagu tersebut. Saya terkejut mengetahui bahwa ia telah memberikan pernyataan seperti itu. Secara teknis, haknya ada pada label. Saya dan Uttamajji mempunyai hubungan hati dan saya sangat terkejut mendengar semua ini. Saya masih tidak bisa mempercayainya. Sekarang setelah saya mengetahui hal ini, saya pasti akan berbicara dengannya," kata sang sutradara kepada Times Of India, Minggu (27/8/2023).

Musik dari film 'Gadar 2' telah dikomposisikan oleh Mithoon. Dalam wawancara yang sama, ia mengatakan bahwa hak-hak tersebut berada di tangan label.

Menurut Anil Sharma, secara teknis, izin dari komposer musik asli untuk menciptakan ulang lagu-lagu tersebut tidak diperlukan.

"Tetapi saya telah mengatakan kepada para pembuat lagu untuk berbicara dengan pencipta aslinya dan saya memastikan bahwa ia diberi penghargaan yang semestinya. Anil Sharmaji mengatakan kepada saya bahwa ia telah berbicara dengan pencipta aslinya dan menunjukkan kepadanya karya saya. Saya diberitahu bahwa Uttamji menyukai apa yang telah dilakukan. Jadi, saya bertanya-tanya mengapa percakapan semacam ini terjadi sekarang," tambahnya.

Uttam mengatakan kepada Amar Ujala bahwa Anil Sharma tidak mendekatinya untuk musik film 'Gadar 2', dan ia tidak memiliki kebiasaan untuk menelepon dan meminta pekerjaan.

"Mereka menggunakan dua lagu saya dalam film ini, dan saya juga telah mendengar bahwa mereka telah menggunakan musik latar yang saya buat. Setidaknya mereka harus memiliki etika untuk bertanya kepada saya dan berbicara dengan saya sebelum menggunakan lagu-lagu saya dalam film tersebut," katanya.

 



Sementara itu, film 'Gadar 2' kini bergerak menuju angka ₹500 crore (setara Rp1 triliun), di box office. Film ini telah memecahkan rekor baru dengan menjadi film pertama yang diputar di Parlemen baru untuk para anggota Lok Sabha.

Dibintangi oleh Utkarsh Sharma, Manish Wadhwa, Gaurav Chopra dan Simrat Kaur, film ini ditayangkan di layar lebar pada tanggal 11 Agustus 2023.