Film Adipurush Dapat Izin dari Pengadilan, Walikota Nepal Ngotot Menentang dan Siap Dihukum

Film Adipurush Dapat Izin, Walikota Nepal Ngotot Menentang
Film Adipurush Dapat Izin, Walikota Nepal Ngotot Menentang (Foto : Tangkap Layar)

AntvPengadilan Nepal pada hari Kamis (22/6/2023), dilaporkan telah mencabut larangan penayangan film-film Hindi, termasuk film terbaru dan kontroversial dari Prabhas, Kriti Sanon dan Saif Ali Khan, Adipurush.

Pengadilan juga meminta pihak berwenang untuk tidak menghentikan pemutaran film apapun yang telah lolos dari badan sensor negara tersebut.

Beberapa hari yang lalu, Walikota Kathmandu, Balendra Shah, telah mengumumkan pelarangan terhadap semua film Hindi karena sebuah dialog dalam film Adipurush, dimana Sita disebutkan sebagai putri India.

Namun, segera setelah pengadilan mencabut larangan tersebut, Walikota mengatakan bahwa ia siap untuk menghadapi hukuman apapun tetapi tidak akan mengizinkan pemutaran film ini karena masalah ini berkaitan dengan kedaulatan dan kemerdekaan Nepal.

Menurut sebuah laporan di PTI, Bhaskar Dhungana, presiden Asosiasi Film Nepal, mengatakan kepada para awak media bahwa para pemohon sedang menunggu perintah tertulis dari pengadilan. "Kami akan menayangkan semua film yang telah lolos dari badan sensor," katanya.

Sita, yang juga disebut sebagai Janaki, diyakini oleh banyak orang lahir di Janakpur di Nepal tenggara.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Shah mengatakan bahwa ia tidak akan "mematuhi perintah pengadilan".

"Penulis film ini mengatakan bahwa Nepal berada di bawah India, hal ini jelas menunjukkan niat buruk India. Mengistilahkan hal ini sebagai sebuah aksi dari pemerintah Nepal dan mengeluarkan sebuah perintah dari pengadilan yang mendukung pemutaran film ini berarti menerima bahwa Nepal pernah berada di bawah kekuasaan India, pengadilan dan pemerintah keduanya adalah budak-budak dari India," katanya dalam sebuah postingan.

"Saya siap untuk menghadapi hukuman apapun untuk hal ini, tetapi film ini tidak akan berhasil dan tidak akan diizinkan untuk ditayangkan," tambahnya.



Mengikuti keputusan Walikota Kathmandu untuk melarang Adipurush di Kathmandu, Walikota Dharan, Harka Sampang dan Walikota Pokhara juga mengikuti langkah yang sama, yang pada akhirnya berujung pada penghentian pemutaran film tersebut di seluruh Nepal.